KabarPendidikan.id - Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) bekerja sama dengan Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES) menyelenggarakan webinar dan musyawarah wilayah DKI Jakarta dengan tema Pemanfaatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Berbasis Projek yang diselenggarakan secara daring melalui zoom pada Rabu (26/2).
Webminar dihadiri
oleh Prof. Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II FKIP Uhamka, Sri Adi Widodo
selaku Ketua Umum I-MES, yang dihadiri
oleh pengurus pusat I-MES, Jero Budi Darmayasa selaku Narasumber, serta para
dosen Pendidikan matematika dan guru matematika se-DKI Jakarta.
Acara ini diawali
dengan sambutan oleh Sri Adi Widodo yang menegaskan mengenai peran
etnomatematika dalam pembelajaran matematika tidak hanya karena menjembatani
konsep abstrak matematika dengan konteks budaya yang sesuai dengan daerah
masing-masing siswa, tetapi juga karena kontribusinya dalam mendukung
pencapaian tujuan Pembangunan berkelanjutan (SDGs).
”Etnomatematika
mendukung SDGs dengan mempromosikan pendidikan inklusif dan berkualitas (SDG
4), mengurangi kesenjangan pendidikan (SDG 10), dan memperkuat identitas budaya
(SDG 11),” ucap Sri Adi.
Selanjutnya, Jero
Budi Darmayasa selaku narasumber yang juga merupakan koordinator I-MES
Kalimantan dan Dosen Universitas Borneo menyampaikan riset-riset etnomatematika
masih sangat berpotensi terlebih Indonesia memiliki banyak ragam budaya.
”Penelitian
etnomatematika dapat menyesuaikan dengan budaya daerah disekitar kita,
misalnya, saat ini Dr. Jero Budi Darmayasa, M.Pd. Si. berlokasi di Kalimantan,
penelitian etnomatematika banyak berkaitan dengan budaya Kalimantan,” ujar
Jero.
Acara ini
dilanjutkan dengan agenda musyawarah wilayah pemilihan koordinator wilayah DKI
Jakarta yang baru, dengan koordinator terpilih Krisna Satrio Perbowo sebagai
ketua I-MES DKI Jakarta periode 2024-2026 dalam membawa I-MES wilayah DKI
Jakarta menuju era yang lebih progresif dan inklusif serta dapat mendorong
inovasi dalam Pendidikan matematika, memperluas jangkauan I-MES dalam
kontribusi nyata bagi kemajuan Pendidikan matematika yang selaras dengan tujuan
SDGs.