KabarPendidikan.id - Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) kembali menunjukkan komitmennya dalam dunia pendidikan dengan menyelenggarakan Webinar Internasional bertema “Contemporary Mathematical Teaching Approaches: Global Perspectives and Practices (Fostering Mindful, Meaningful, and Joyful Learning: Strategies and Insights for Elementary and Secondary School Teachers), Sabtu (23/11).
Acara ini merupakan kolaborasi
antara Program Studi Magister Pendidikan Dasar dan Magister Pendidikan
Matematika Uhamka.
Webinar ini dihadiri lebih dari 300
peserta dari seluruh penjuru Indonesia dari 18 provinsi (Aceh, Kalimantan
Barat, Kalimantan Utara, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera
Utara, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan,
Sulawesi Selatan, Maluku, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, dan Jambi), mulai
dari kalangan pendidik hingga pemerhati pendidikan. Para peserta mendapatkan
wawasan baru tentang pendekatan kontemporer dalam pengajaran matematika yang
tidak hanya efektif tetapi juga menyenangkan.
Webinar ini menghadirkan
narasumber-narasumber ahli, di antaranya: Yessy Yanita Sari, Sigid Edy
Purwanto, Puri Pramudiani,
ketiganya merupakan dosen dari Uhamka. Sebagai pembicara kunci, acara ini
menghadirkan James Russo, PhD, B.Com. (Hons), B.A. (Hons), G.Dip. Ed.
dari Monash University, Australia, yang
merupakan seorang pakar dalam pengembangan kurikulum, pengajaran inklusif, dan
strategi pembelajaran matematika.
Webinar ini menjadi ajang diskusi
lintas perspektif global dengan fokus pada implementasi strategi pengajaran
matematika yang relevan untuk tingkat pendidikan dasar dan menengah di
Indonesia. Materi yang disampaikan tidak hanya bersifat teoretis, tetapi juga
memuat contoh praktik terbaik dari berbagai negara.
Menurut Yessy Yanita Sari menuturkan
bahwa pendekatan pengajaran yang mindful, meaningful, dan joyful
dapat membantu guru mengatasi tantangan pembelajaran di kelas, khususnya di era
digital.
"Melalui webinar ini, guru-guru
di Indonesia diharapkan dapat mengadopsi strategi yang relevan dan inovatif
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran," tutur Yessy.
Antusiasme peserta terlihat dari
banyaknya interaksi dalam sesi tanya jawab dan diskusi. Banyak peserta
mengapresiasi kesempatan ini sebagai momen berharga untuk meningkatkan wawasan
dan keterampilan mereka dalam pengajaran matematika. Webinar ini diharapkan
dapat menjadi langkah awal untuk kerja sama lebih lanjut antara Uhamka dan
institusi pendidikan internasional dalam memajukan kualitas pendidikan di
Indonesia.