Warek II Uhamka berharap Dokter Muda Uhamka Mampu Aktualisasikan Keilmuannya pada Masyarakat

Jumat, 13 September 2024 | 18:26 WIB Last Updated 2024-09-13T13:35:48Z


KabarPendidikan.id - 
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan Janji Dokter Muda Angkatan III Fakultas Kedokteran Uhamka di Teater A FK Uhamka, Jum'at (13/8).

 

Acara ini dihadiri oleh Desvian Bandarsyah Wakil Rektor II Uhamka, dr. Wawang S. Sukarya Dekan FK Uhamka, Prof Hamed Oemar Ketua Senat FK Uhamka, dr. Dewi Martalena Komkordik dari Rumah Sakit Pendidikan Utama Rumah Sakit Islam Pondok Kopi, 40 dokter muda FK Uhamka, serta para orang tua.

 

Desvian Bandarsyah Warek II Uhamka menyebutkan bahwa dokter merupakan profesi yang mulia, karena sosok dokter muda dapat lahir dari insan yang berintelektual dan siap mengabdi pada masyarakat dengan rasa yang tulus dan ikhlas. Maka ia harap, FK Uhamka dapat terus melahirkan dokter muda yang unggul dan berkualitas untuk menghadapi tantangan global, khususnya dalam bidang kesehatan.

 

"Selamat bagi para dokter muda Uhamka yang telah menyelesaikan pendidikan dokternya. Selamat meneruskan kiprah yang lebih dalam dan jangan lupa untuk terus mengaktualisasikan apa yang telah anda peroleh di tahap awal ini. Menjadi seorang dokter merupakan tugas yang mulia. Tugas seorang dokter harus dilakukan oleh mereka yang memiliki kualitas dan kadar intelektual yang baik. Maka, saya harap FK dapat terus konsisten dalam melahirkan generasi muda yang siap menjadi episentrum dalam gerakan pengabdian, khususnya di bidang kesehatan," tuturnya.

 

Prof dr. Hamed Oemar Ketua Senat FK Uhamka menyampaikan, seorang dokter harus memiliki landasan utama dalam melakukan pelayanan kesehatan, diantaranya ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku dalam upaya pelayanan kesehatan.

 

"Janji Dokter Muda merupakan momentum penting ketika lulusan sarjana kedokteran akan memasuki program profesi dokter. Karena kedepannya, banyak hal yang harus anda pelajari dan Implementasikan dalam kehidupan anda. Jangan lupa terus bangun interaksi yang baik dengan pasien dan keluarga pasien, Dosen, pendidik, perawat, tenaga kesehatan maupun non tenaga kesehatan lainnya," lanjutnya.

 

dr. Wawang mengungkapkan, para dokter muda harus menghadapi tantangan di era globalisasi. Dimana, seorang dokter harus peka terhadap permasalahan di masyarakat dan taat pada norma yang berlaku dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien.

 

""Nanti para dokter muda ini akan memasuki program profesi dokter. Selama 4 semester akan terjun langsung ke suasana di rumah sakit. Sehingga mereka akan mencapai kompetensi yang sudah ditargetkan dan berhasil menjadi dokter yang unggul," ucap dr. Wawang.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warek II Uhamka berharap Dokter Muda Uhamka Mampu Aktualisasikan Keilmuannya pada Masyarakat

Trending Now

Iklan

iklan