Uhamka Sukses Gelar Program Pengabdian Masyarakat di Desa Tambakbaya

Minggu, 22 September 2024 | 14:00 WIB Last Updated 2024-09-22T07:00:34Z


KabarPendidikan.id - 
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berhasil menjalankan Program Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Tambakbaya, Lebak, Banten, pada hari Jumat tanggal 20 September 2024.

 

Program ini merupakan kerja sama yang baik antara berbagai fakultas di Uhamka, seperti Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), dan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan (FIKES). Tujuan utama program ini adalah untuk membantu mengatasi masalah stunting dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa tersebut.

 

Salah satu bagian penting dari program ini adalah penyerahan alat produksi kepada Kripik Pisang Tambakbaya. Ini merupakan bentuk dukungan Uhamka terhadap usaha lokal di desa untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk mereka. Tim ahli dari Uhamka juga memberikan demonstrasi praktis kepada masyarakat agar mereka lebih memahami materi yang diberikan.

 

Program ini mendapat dukungan dana dari DRTPM DIKTI 2024 dan dipimpin oleh tim ahli dari Uhamka, yaitu dr. Irena Ujianti, Sumardi dan Leni Sri Rahayu. Tim ahli ini memberikan pelatihan dan bantuan kepada masyarakat Desa Tambakbaya dalam berbagai bidang, seperti nutrisi, sanitasi, cara memproduksi makanan, pengemasan produk, pemberian label pada produk, dan pemasaran produk secara digital.

 

Dukungan dari berbagai pihak di desa, seperti Kepala Desa, Ketua Puskesmas Mandala, dan Kepala PDA Aisyiyah Lebak, menunjukkan bahwa kolaborasi antar berbagai pihak sangat penting untuk membangun masyarakat yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Gufron Amirullah selaku Ketua LPPM Uhamka, membuka acara pengabdian masyarakat ini dan menekankan pentingnya kerja sama antara universitas dan masyarakat di desa. Terutama untuk mengatasi masalah stunting dan meningkatkan perekonomian di desa.

 

”Pengabdian ini merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh Uhamka dalam membantu dan berkontribusi kepada masyarakat. Keberhasilan program ini juga menunjukkan dedikasi Uhamka untuk mendukung masyarakat melalui pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi, sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang lebih baik dan sehat,” ucap Gufron.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Uhamka Sukses Gelar Program Pengabdian Masyarakat di Desa Tambakbaya

Trending Now

Iklan

iklan