Tingkatkan Profesionalitas Pengajar Indonesia, LP3 Uhamka Gelar PEKERTI Batch 13

Rabu, 04 September 2024 | 14:41 WIB Last Updated 2024-09-04T07:41:00Z

KabarPendidikan.id - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Batch 13 yang dilaksanakan pada tanggal 2-7 September 2024.

 

Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh LP3 Uhamka untuk pemenuhan persyaratan Sertifikasi Pendidik bagi dosen (SERDOS) sekaligus peningkatan kompetensi dosen di Indonesia dalam bidang Pendidikan dan pengajaran. Pelaksanaan Pelatihan PEKERTI ini didampingi oleh para instruktur berpengalaman dan berlangsung selama 6 hari kerja efektif dengan bobot 48 JP tatap muka dan 28 JP penugasan.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala Mashadi selaku Wakil Rektor I Uhamka, Tri Wintolo Apoko selaku Ketua LP3 Uhamka, Benny Hendriana dan Yuniar selaku fasilitator kelas B, Isnaini Handayani dan Arum Fatayan selaku fasilitator kelas A, serta para instruktur PEKERTI Uhamka, Balya Ali Sya’ban selaku Kaprodi. Pendidikan Geografi FKIP Uhamka , Bunyamin selaku Sekretaris Pengawas Dapen Uhamka, Ishaq Nuriadin selaku Ketua LPM Uhamka, Suswandari selaku Dewan Pakar Pusat Studi Betawi Uhamka, Prima Gustiyanti selaku Kaprodi PBSI FKIP Uhamka, Irdalisa Ketua Divisi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) LP3 Uhamka, Roslaini, Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan LP3KUI Uhamka, Imam Safi’i, Safrul Kodri, Siti Zulaiha, Ai Fatimah Nur Fuad selaku Dekan FAI Uhamka, Imas Ratna Ermawati, Abdul Rahman, Sigid Edy Purwanto selaku Kaprodi. Pendidikan Matematika S2 SPs Uhamka, Samsul Maarif selaku Wakil Dekan II FKIP Uhamka, Ihsana El Khuluqo selaku Pjs. Sekretaris SPs. Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana Prasarana, Promosi, Kerjasama dan Kemahasiswaan SPs Uhamka, Lelly Qodariah dan peserta PEKERTI Batch 13 yang terdiri dari 155 orang dari dosen di seluruh Indonesia.

 

Dalam sambutannya, Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro menyampaikan bahwa PEKERTI adalah salah satu pelatihan dasar instruksional di bidang pendidikan dan pengajaran. Di dalam pelaksanaan pelatihan ini secara umum aktivitas PEKERTI dibagi atas beberapa bentuk aktivitas mulai pemaparan penggunaan Online Learning Uhamka (OLU) sebagai portal LMS, presentasi matadiklat/materi, tanya-jawab, praktek, dan penugasan. Matadiklat atau materi-materi PEKERTI ini mencakup desain pembelajaran, metode mengajar, model-model pembelajaran aktif-inovatif, dan yang terpenting melakukan asesmen pembelajaran. Di dalam PEKERTI ini tentu menggunakan pengembangan berbasis teknologi dan informasi jadi sangat penting untuk menyesuaikan perkembangan yang kita hadapi.

 

“PEKERTI ini merupakan kegiatan dimana para disen nanti akan dilatih mengenai dasar intruksional pendidikan dan pengajaran melalu pemaparan, presentasi, praktek dan penugasan nanti. Saya berharap semoga para peserta bisa menyelesaikan PEKERTI selama 6 hari dengan baik dan dinyatakan lulus. Saya ucapkan terima kasih telah mengikuti kegiatan ini untuk para peserta, instruktur, dan fasilitator,” ujar Prof. Gunawan Suryoputro.

 

Selanjutnya sambutan dari Ketua LP3, Tri Wintolo Apoko, terkait penjelasan teknis pelatihan PEKERTI dalam rangka untuk meningkatkan keprofesionalitasan sebagai calon pendidik profesional dengan predikat yang baik dan memuaskan, menyampaikan tata tertib selama kegiatan dan tentu tata tertib ini menjadi acuan pedoman bagi para peserta PEKERTI dalam mematuhi dan menaati peraturan demi memperlancar kegiatan PEKERTI sampai akhir seperti kehadiran secara penuh, pengerjaan tugas-tugas, mengerjakan pretes dan postes serta ujian praktik mengajar.

 

”Kegiatan PEKERTI bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas para calon pendidik agar profesional dan memiliki predikat unggul melalui tes dan praktik mengajar nantinya serta mengikuti tata tertib yang berlaku selama kegiatan,” pungkas Tri Wintolo.

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Profesionalitas Pengajar Indonesia, LP3 Uhamka Gelar PEKERTI Batch 13

Trending Now

Iklan

iklan