Tingkatkan Peluang Pasar UKM Modern, Tim Dosen Uhamka Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat Kemendikbidristek

Sabtu, 14 September 2024 | 15:55 WIB Last Updated 2024-09-14T08:55:54Z


 KabarPendidikan.id - 
Tim Pengmas LPPM Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang terdiri dari dosen-dosen Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) Uhamka mengadakan agenda program hibah kemendikbud DRTPM 2024 skema pengabdian masyarakat dengan penyandang dana Kemendikbudristek Dikti, Senin (2/9).

 

Kegiatan Tim Pengmas ditanggal 2 Setember 2024 ditujukan dalam rangka membantu mitra Cibi-Cibi Lele dalam memperlancar pemasaran hasil produksi bahan olahan lele, mencarikan peluang pemasaran dan juga memberikan pengetahuan tentang kandungan gizi dari Ikan lele, serta memberikan pelatihan dalam macam produksi olahan ikan lele yang laku dipasaran.

 

Kegiatan Pengabdian diketuai oleh Rosalina selaku dosen FTII Uhamka, dengan anggota Leni Sri Rahayu selaku dosen dari FIKES Uhamka dan Nunik Pratiwi selaku dosen FTII Uhamka, dibantu dari 2 orang anggota mahasiswa FTII yaitu Miftahuddin dan Muh. Adnan Widodo, dalam agenda  program  hibah kemendikbud DRTPM 2024 skema pengabdian masyarakat dengan penyandang dana Kemendikbudristek Dikti.

 

Rosalina sebagai ketua Tim pengmas kemendikbud Uhamka mengatakan bahwa pengemasan olahan cibi-cibi lele harus menarik dan sesuai dengan kriteria pasar penjualan di e-commerce agar dapat meningkatkan peluang pemasaran.

 

“Gaya penampilan hasil produksi olahan cibi-cibi lele yang akan dipasarkan lewat media e-commerce harus dibuat rapi dan cantik dengan harga yang terjangkau di masyarakat. Hal ini akan membangkitkan peluang pemasaran yang besar di pasar e-commerce.”

 

Kegiatan diisi dengam pemberian materi dari Leni Sri Rahayu tentang  kandungan gizi yang terdapat pada ikan lele dan bagaimana cara pengolahan dan pengawetan Ikan, secara Fisik, Secara Kimia dan secara Fermentasi. Secara fisik ikan bisa diawetkan dengan cara Pengeringan, Penggunaan suhu rendah, Penggunaan suhu tinggi dan juga penggunaan iradiasi. Pengolahan dan Pengawetan secara kimia dengan cara : Penggunaan Garam, Penggunaan Asam, Gula, atau bahan tambahan lainnya. Dan juga pengawetan secara fermentasi.

 

Selanjutnya, materi dari Nunik Pratiwi mengenai digital marketing bahwa ada beberapa manfaat dari digital marketing yaitu dengan menggunakan digital marketing, perusahaan dapat menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, dan pada akhirnya, mendorong penjualan. Ini juga memungkinkan pengukuran hasil yang lebih akurat.  Juga yang menjadi parameter kesuksesan adalah Keharusan menyediakan konten berkualitas adalah kunci dalam menarik perhatian pelanggan. Artikel, video, dan infografis yang informatif dapat meningkatkan kepercayaan dan mendorong penjualan.

 

Peserta anggota Cibi-Cibi Lele sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dari beberapa nara sumber sehingga banyak pertanyaan dari peserta yang sifatnya ingin sekali segera mendapatkan market penjualan produk mereka yang lebih luas dari sekarang.

 

Pertemuan ini ditutup dengan poto bersama, diharapkan kegiatan ini akan berkelanjutan dengan terus membangun komunikasi dengan mitra sehingga mitra terus terbina sampai mencapai target yang diharapkan dari pengmas Kemendkbud ini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Peluang Pasar UKM Modern, Tim Dosen Uhamka Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat Kemendikbidristek

Trending Now

Iklan

iklan