Tim Dosen Uhamka Libatkan Ibu-ibu PKK Sukmajaya dalam Pelatihan Produksi Obat Antinyamuk

Senin, 30 September 2024 | 16:03 WIB Last Updated 2024-09-30T09:03:59Z


KabarPendidikan.id
- Tim Dosen Fakultas Farmasi dan Sains (FFS) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA (Uhamka) melakukan Program Pemberdayaan Masyarakat dalam bentuk Pembelajaran Membuat Spray Dan Lotion Antinyamuk di Balai Warga RW 26 Kelurahan Abadijaya, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat, Sabtu (21/9).

 

Peserta terdiri dari ibu-ibu sebanyak 40-an orang. Pelatihan mengenai pembuatan spray dan lotion antinyamuk diberikan oleh Dosen FFS Uhamka, Rini Prastiwi, Vera, dan Ema Dewanti. Selain itu, Dewi Pudji Rahayu dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka juga turut memberikan pengetahuan terkait pengembangan spray dan lotion antinyamuk menjadi kegiatan usaha dengan membuat kemasan (packaging) yang menarik, menentukan harga serta cara memasarkan produk tersebut.

 

Selain melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM), pada kesempatan ini juga dilakukan penandatangan MoU kerja sama antara Uhamka dan kelurahan Abadijaya, sehingga menjadi kegiatan berkelanjutan ke depannya. Selanjutnya Tim PKM menyerahkan sediaan dan kemasan serta alat pembuatan spray dan lotion anti nyamuk untuk ibu-ibu PKK RW 26.

 

Menurut Rini Prastiwi selaku ketua tim dari Uhamka, program yang dirancang Uhamka ini relevan dan sangat dibutuhkan serta terkait dengan kondisi merebaknya wabah DBD di Jabodetabek beberapa waktu lalu.

 

“Merebaknya wabah demam berdarah dengue (DBD) di Jabodetabek pada semester I tahun 2024 menjadi keprihatinan semua kalangan termasuk kampus UHAMKA Jakarta. Menurut catatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, terdapat 27 korban meninggal dunia akibat DBD sejak Januari hingga Juni 2024,” tutur Rini.

 

Menurut Rini, banyak segmen yang harus disentuh untuk mewujudkan pelatihan. Namun, untuk saat ini pelatihan ditujukan kepada ibu rumah tangga terlebih dulu.

 

“Sasaran kegiatan adalah ibu-ibu, dengan harapan bisa dikembangkan menjadi kegiatan yang berkelanjutan sehingga mampu meningkatkan ekonomi khususnya ibu-ibu PKK di RW 26 kawasan Sukmajaya Depok,” ujar Rini.

 

Acara ini dihadiri oleh Sodik Murdiono selaku Lurah Abadijaya dalam sambutannya mengatakan,  acara ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk warga setempat.

 

“Alhamdulillah acara ini diselenggarakan Uhamka di desa kami, kami ikut senang dan bangga, apalagi acara ini memiliki manfaat yang luar biasa buat keluarga di Abadijaya khususnya RW 26, semoga acara serupa dilakukan lagi,” ucap Sodik.

 

Sementara itu, Ari Widayanti selaku Sekretaris Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan (LPMM) Uhamka, mengatakan acara pembuatan spray dan lotion nyamuk serta wirausaha akan menjadi bekal untuk para warga bisa berkreasi mengembangkan usaha ini dan menjadi ladang pemberdayaan ekonomi ibu-ibu di RW 26 Abadijaya.

 

“Para peserta berharap kegiatan pelatihan semacam ini bukan hanya dilaksanakan saat ini saja, tetapi dapat dilanjutkan pada tahap-tahap berikutnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa pelatihan sangat diharapkan dan bisa diterima oleh ibu-ibu pesert,” ungkap Ari.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Dosen Uhamka Libatkan Ibu-ibu PKK Sukmajaya dalam Pelatihan Produksi Obat Antinyamuk

Trending Now

Iklan

iklan