Seimbangkan Karier dan Pendidikan, Kelas Karyawan Uhamka Tawarkan Blended Learning

Rabu, 04 September 2024 | 14:39 WIB Last Updated 2024-09-04T13:33:15Z




KabarPendidikan.id
- Apakah kamu pernah merasa lelah dan membutuhkan waktu untuk healing setelah melalui suatu proses atau perjalanan?

Sehingga menciptakan gap dengan proses selanjutnya? 

Begitupun dengan dunia pendidikan, setelah lulus sekolah menengah, banyak anak muda yang menunda pendidikan tingginya dengan beragam alasan dan latar belakang. Secara lumrah menunda pendidikan disebut dengan “gapyear”


Apa itu Gapyear?

Gapyear merupakan istilah dimana suatu periode waktu atau jeda waktu yang diambil oleh seseorang yang telah menyelesaikan Pendidikan formal (sekolah menengah atas) sebelum melanjutkan ke jenjang berikutnya, seperti kuliah atau bekerja. 

Pada umumnya, gapyear terjadi selama kurang lebih satu tahun. Istilah gapyear juga tidak hanya identik dengan pendidikan menengah, tapi juga pada jenjang pendidikan tinggi menuju dunia kerja, dimana seseorang memutuskan untuk gapyear dalam melanjutkan kariernya.


Yakin, Mau Gapyear?

Sebenarnya, gapyear memberikan waktu yang fleksibel dalam memberikan kebebasan individu untuk mengeksplorasi berbagai pelajaran kehidupan, seperti perjalanan, pekerjaan, kegiatan sukarela, atau belajar. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk gapyear, diantaranya:

1. Tujuan dan manfaat

Pikirkan matang-matang tujuan jangka panjang mu selama gapyear. Apakah kamu ingin mengeksplorasi hal baru atau mendapatkan pengalaman kerja. Jangan lupa untuk mengevaluasi perjalananmu selama masa gapyear baik dalam Pendidikan dan karier.

2. Keuangan

Pastikan kamu memiliki sumber dana serta perputaran keuanganmu.

3. Kesehatan fisik dan mental

Pertimbangkan apakah gapyear memengaruhi kesejatan fisik dan mentalmu. Pastikan gapyear dapat mengisi waktumu untuk menyegarkan dan membahagiakan dirimu.

4. Dukungan orang terdekat

Diskusikan keputusanmu dalam mengambil gapyear dengan orang terdekat seperti keluarga hingga teman dekat. Jangan sampai ekspektasi orang-orang sekitarmu mengganggu keputusanmu dalam mengambil gapyear.

5. Pengalaman dan peluang

Pertimbangkan jenis pengalaman apa yang ingin kamu dalami dan kemungkinan hilangnya peluang yang kamu lewatkan jika mengambil gapyear. 


Untuk mengisi waktu yang kosong akibat gapyear, kamu bisa melanjutkan pendidikan. Bahkan tidak sedikit orang melanjutkan pendidikannya sembari bekerja sehingga bisa mengembangkan karier lebih baik lagi untuk masa depanmu.


Jangan khawatir ya, saat ini akses pendidikan yang luas membuatmu lebih mudah dalam mengenyam bangku pendidikan sambil bekerja dengan mengikuti kelas karyawan.


Apa Itu Kelas Karyawan?

Kelas karyawan merupakan program pendidikan tinggi yang dirancang khusus untuk kamu yang sudah bekerja namun ingin melanjutkan atau menyelesaikan pendidikan. Program ini menawarkan fleksibilitas dalam hal jadwal dan format pembelajaran untuk mengakomodasi kebutuhan para pekerja.

Kuliah kelas karyawan memberikan kemudahan bagi kamu yang sedang bekerja dalam mengatur jadwal yang fleksibel dengan kurikulum yang relevan, sehingga kamu tetap memiliki kesempatan untuk meraih gelar akademik yang sama seperti mahasiswa kelas regular lainnya.

Kelas karyawan akan membuka keterampilan baru yang relevan dengan aspirasi karier. Mahasiswa mendapatkan akses pendidikan yang adaptis tanpa harus meninggalkan pekerjaannya serta memberikan kemudahan jadwal yang memungkinkan para pekerja dapat mengatur antara pekerjaan dan studinya. Mahasiswa juga dapat membuka peluang karier yang lebih tinggi dalam memperdalam keilmuannya.

Kuliah karyawan adalah solusi pendidikan yang terbaik untuk para profesional yang ingin melanjutkan studi sambil tetap bekerja. Program ini dirancang untuk menyeimbangkan antara tanggung jawab kerja dan studi, menawarkan kurikulum yang relevan, dan menyediakan peluang untuk mengembangkan keterampilan serta jaringan profesional. Dengan memilih program yang tepat, kuliah karyawan dapat memberikan manfaat besar bagi pengembangan karier dan pencapaian tujuan profesional.

Mari bergabung dengan Kelas karyawan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka). Dengan metode belajar Blended Learning Class untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih fleksibel, interaktif, dan efektif.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

S1 Pendidikan Bahasa Jepang

S1 Pendidikan Bahasa Inggris

S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Teknologi Industri dan Informatika

S1 Teknik Informatika

S1 Teknik Mesin

S1 Teknik Elektro

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

S1 Akuntansi

S1 Manajemen

S1 Ekonomi Islam

D3 Perpajakan

Fakultas Agama Islam

S1 Pendidikan Agama Islam

S1 Pendidikan Bahasa Arab

S1 Perbankan Syariah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

S1 Ilmu Komunikasi

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi Hamka Muda yang kreatif dan dinamis. Daftarkan dirimu sekarang dan mulai perjalanan menuju masa depan yang gemilang bersama Uhamka. Narahubung 0858 1300 1400 atau pmb.uhamka.ac.id


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seimbangkan Karier dan Pendidikan, Kelas Karyawan Uhamka Tawarkan Blended Learning

Trending Now

Iklan

iklan