Peran Orang Tua dalam Mencegah dan Mewaspadai Anak Terpapar LGBT di Era Global

Minggu, 22 September 2024 | 14:02 WIB Last Updated 2024-09-22T07:02:00Z

 


Oleh : Rizky Dwi Utami

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Maraknya kasus LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) di berbagai belahan dunia membuat banyak kalangan merasa ini adalah suatu hal yang esensial. Sejatinya setiap penyimpangan adalah salah, sama halnya dengan LGBT. Namun mereka beranggapan bahwa penyimpangan ini bukanlah suatu pelanggaran, melainkan salah satu wujud dari hak asasi manusia.  Penyimpangan seksual ini mungkin saja terjadi karena faktor internal seperti kelainan hormon, namun dibandingkan dengan faktor internal penyimpangan ini justru lebih banyak terjadi karena faktor eksternal. Faktor Eksternal itu bisa saja karena kondisi lingkungan pertemanan,trend atau pergaulan bebas, namun faktor utamanya tak lain tak bukan adalah kurang tepatnya pendidikan pertama anak yaitu orang tua.

LGBT umumnya tidak terjadi secara alamiah, namun terjadi karena adanya penyebab dan pemicu yang membuat hal ini sangat mudah terjadi di sekitar kita. Pemicu seperti lingkungan pertemanan yang buruk atau konten pornografi homoseksual yang mudah diakses di sosial media membuat LGBT sangat mudah tersulut karena adanya faktor penyebab seperti faktor psikologi yang dialami oleh seseorang. Orientasi penyimpangan ini disebakan oleh faktor pengasuhan orang tua yang kurang baik, apalagi di era global ini banyak orang tua yang lebih mementingkan karirnya. Pengasuhan yang buruk itu pengasuhan dengan kurangnya waktu, kurangnya kasih sayang, perhatian, rasa saling menghargai dan komunikasi yang terjalin dalam sebuah keluarga. Keegoisan orang tua dan belum siapnya mereka menjadi orang tua yang baik membuat hal ini semakin memburuk, seringkali orang tua salah langkah dalam membimbing anak. Dengan pengasuhan itulah kondisi psikologi anak mudah terserang dan akhirnya mencari kesenangan dan kasih sayang dari orang lain.

Perselisihan, pertengkaran, dan pertikaian merupakan indikasi  dari ketidakharmonisannya sebuah keluarga yang tidak luput menjadi penyebab utama dari penyimpangan ini. Hilangnya peran seorang ayah sebagai ayah yang mencari nafkah dan melindungi keluarga atau seorang ibu sebagai ibu yang memberikan kelembutan setiap waktu. Minimnya pendidikan agama, moral dan etika yang diberikan orang tua juga menjadikan anak kehilangan arah. Penyimpangan pun dapat terjadi karena adanya kekerasan secara verbal maupun non verbal yang dialami sang anak dan memberikan pengalaman tarumatik pada ingatan anak. Oleh karena itulah jangan pernah siap menjadi orang tua ketika kita belum bisa berusaha menjadi orang tua yang baik.

Pencegahan yang dapat kita lakukan sebagai orang tua ada lima diantaranya, pertama,  luangkanlah waktu sebanyak mungkin untuk memberikan perhatian, cinta, kasih sayang, serta menjalin komunikasi yang baik agar hubungan antara orang tua dan anak saling memahami dan orang tua mengerti apa yang sedang dialami anak. Kedua, pilih dan waspadailah lingkungan rumah dan pergaulan anak dengan selalu mengawasi anak ketika sedang atau setelah bermain. Ketiga, ciptakan keluarga yang harmonis dengan pasangan dengan cara bertukar pikiran ketika terjadi perselisihan. Keempat, berilah pemahaman agama, moral, etika dan berikanlah pemahan atau edukasi seks bagi anak. Kelima, tingkatkan kualitas diri menjadi lebih penting ketika efek globalisasi mulai terasa dekat, bisa dengan mulai dengan mengontrol emosi maupun ikut kelas parenting.

Kita harus lebih peka dan sadar dengan apa yang terjadi di sekitar kita, apakah itu baik untuk keluarga ataukah lebih baik mencari lingkungan lain yang kebih kondusif untuk ditinggali. Peran orang tua menjadi sangat penting dalam situasi global yang kita hadapi sekarang ini. Orang tua harus bisa mengasuh, membimbing, mendidik dan mendampingi anak dan memenuhi hak-hak mereka. Dan menurut saya sangat penting membekali mereka ilmu agama karena dengan keimanan dan keyakinan itulah mereka akan memilih jalan hidup mereka. Namun perlu digaris bawahi bahwa setiap anak itu unik, oleh karena itu peran orang tua disini hanya sebatas mengarahkan memberikan dukungan dan bimbingan, bukan untuk memaksakan apalagi menghakimi anak. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peran Orang Tua dalam Mencegah dan Mewaspadai Anak Terpapar LGBT di Era Global

Trending Now

Iklan

iklan