Mengenali Love Bombing Pada Masa Remaja

Minggu, 01 September 2024 | 12:28 WIB Last Updated 2024-09-01T05:28:00Z

  


Oleh : Isha Billa Setiany

Mahasiswa FEB UHAMKA

 

Masa remaja adalah periode yang penting dalam perkembangan individu, di mana mereka mengalami banyak perubahan fisik, emosional, dan sosial. Salah satu fenomena yang sering terjadi pada masa ini adalah love bombing. Love bombing sendiri merupakan taktik manipulatif yang diberikan seseorang kepada orang yang disukai seperti halnya, memberikan kasih sayang , perhatian serta pujian yang berlebihan sehingga tujuan dari taktik yang diberikan tersebut akan menarik dan mengendalikan mereka.

Beberapa remaja mungkin sudah mengenali love bombing itu bagaimana , tetapi untuk sebagian orang masih menerka - nerka love bombing itu seperti apa, bukankah sama saja seperti pdkt pada umumnya. Untuk itu berikut beberapa hal yang dapat kita kenali sebagai tanda-tanda dari love bombing tersebut, memberikan pujian yang tidak proporsional, perhatian yang berlebihan (overprotektif) sehingga membuat diri seseorang merasa terkekang  , lalu menghabiskan waktu bersama terus-menerus sehingga membuat hubungan yang dijalani bosan lalu cepat kandas.

Setelah mengetahui love bombing seperti apa, remaja perlu mempelajari terkait bagaimana kita mengatasi love bombing tersebut. Semisalnya ketika kita akan memulai hubungan baru dengan orang lain , kita harus mengembangkan kemampuan untuk menetapkan batasan-batasan yang sehat dalam suatu hubungan, saling mengenali diri satu sama lain ataupun memulai keterbukaan diri dengan perlahan, salah satu hal penting yang diperlukan remaja ketika mengalami hal ini, berkonsultasi kepada orang tua atau guru untuk memberikan solusi terhadap mereka agar dapat mengatasi masalah tersebut.

Peranan orang tua dan guru sangat penting bagi remaja untuk mengatasi love bombing tersebut, karena mereka dapat memberikan edukasi , bimbingan dan dukungan emosional kepada remaja. Pentingnya edukasi mengenai love bombing ini diberikan untuk remaja, agar mereka dapat mengenali dan menghindari situasi yang dapat merugikan mereka. Maka dari itu, khusunya untuk orang tua mulailah memberikan masukan-masukan mengenai hubungan asmara terhadap kehidupan anak remaja mereka. Serta berilah petuah terlebih dahulu, jika mereka akan menjalin sebuah hubungan asmara dengan seseorang, sehingga mereka akan mempertimbangkan apakah dapat memulai hubungan baru atau tidak.

Kehidupan remaja merupakan masa yang penuh dengan perubahan , dimulai dari pencarian identitas, pembentukan nilai-nilai pribadi serta eksplorasi diri. Salah satu ekplorasi diri pada kehidupan remaja yaitu pergaulan dalam hal asmara cinta, dimulai dari ketertarikan diri satu sama lain hingga menyatakan perasaan satu sama lain. Sehingga terjalinnya hubungan asmara remaja atau bisa disebut dengan 'pacaran' pada umumnya . Pada masa-masa pacaran ini biasanya hubungan tersebut tidak bertahan lama, hingga memasuki fase dimana sudah bosan lalu kandas dalam kurun waktu singkat pada hubungan yang dijalani maka hal tersebut termasuk kedalam love bombing. Maka dari itu, mengenali dan mengatasi love bombing pada masa remaja merupakan hal yang penting untuk membantu remaja tumbuh menjadi individu yang sehat dan mandiri.

 

 

 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenali Love Bombing Pada Masa Remaja

Trending Now

Iklan

iklan