Mempertahankan Aqidah di Era Globalisasi

Minggu, 29 September 2024 | 10:48 WIB Last Updated 2024-09-29T03:48:00Z

 


Oleh : Naza Marwa Sabina

Mahasiswa FEB Uhamka

 

Aqidah yaitu keyakinan untuk mempercayai apa yang diyakininya, bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan pengamalan tentang keyakinan. Dalam ruang lingkupnya aqidah mencakup keyakinan yang mendasar seperti percaya adanya Allah, adanya malaikat, adanya kitab, adanya rasul, adanya hari kiamat, adanya takdir.

Dalam Islam aqidah sangat penting karena sebagai pondasi dasar agama dan iman yang kokoh dalam aqidah mampu membimbing seseorang dalam kehidupan spiritual dan moral.  Aqidah berhubungan erat dengan akhlak yaitu, jika aqidah seseorang baik maka akhlaknya pun baik.

Ada beberapa cara untuk mempertahankan aqidah ditengah-tengah era globalisasi ini yaitu, lebih mendekatkan diri kepada Allah dengan menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya, bergaul dengan orang-orang yang baik, memfilter hal-hal yang negatif.

Sebagai makhluk yang tergoda, dengan memiliki aqidah yang kuat seseorang tidak akan  mudah berlari ke hal negatif. Aqidah juga mampu untuk menunjukkan arah seseorang ketika kebingungan. Iman yang tidak diimbangi dengan ilmu maka tidak ada gunanya.

Sebagai generasi milenial kita hendaknya mampu untuk memperbaiki akidah dari sekarang. Jika tidak dimulai dari sekarang kedepannya hidup akan terombang ambing karena memiliki aqidah yang kurang kuat. Aqidah yang benar akan menghasilkan kehidupan seseorang yang benar, dan jika aqidahnya salah maka kehidupannya pun akan salah juga.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mempertahankan Aqidah di Era Globalisasi

Trending Now

Iklan

iklan