Tingkatkan Kompetisi Calon Guru Unggul, 42 Mahasiswa Uhamka Lolos Program kemendikbudristek

Sabtu, 31 Agustus 2024 | 08:30 WIB Last Updated 2024-08-31T01:30:18Z


KabarPendidikan.id - 
42 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) berhasil lolos dalam seleksi kegiatan Program Kampus Mengajar (KM) Angkatan 8 bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek),

 

Kegiatan ini merupakan salah satu Layanan Program Prioritas Kemendikbudristek dimana para Mahasiswa Uhamka yang lolos dalam KM Angkatan 8 dari 11 Program Studi yang berbeda di setiap fakultas pada Jumat, 23 Agustus 2024. Selain itu, ada 5 dosen UHAMKA yang lolos seleksi menjadi dosen pembimbing lapangan (DPL) di antaranya Tri Wintolo Apoko, Dita Prihatna, Hella Jusra, Oktarina Dwi Handayani, dan Ima Mulyawati.

 

Program KM ini juga mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan abad 21 yang berpikir analitis, penyelesaian masalah, kepemimpinan, manajemen tim, kreativitas dan inovasi, dan memiliki kemampuan komunikasi interpersonal melalui menjadi mitra guru dalam melakukan pengembangan strategi pembelajaran yang kreatif di satuan pendidikan dasar dan menengah.

 

Arum Fatayan selaku Ketua Divisi MBKM & Diklat LP3 Uhamka sangat mengapresiasi Mahasiswa dan Dosen Uhamka yang lolos seleksi pada Kampus Mengajar Angkatan 8 dan berharap para dosen dan mahasiswa dapat menyukseskan program ini sesuai harapan Kemendikbudristek.

 

“Semoga di sekolah penugasan, baik mahasiswa dan dosen Uhamka bisa menjadi duta literasi dan numerasi seperti yang diharapkan Kemendikbudristek,” ujar Arum Fatayan.

 

Disusul oleh Isnaini Handayani selaku PIC Kampus Mengajar Angkatan 8 mengatakan bahwa semangat para mahasiswa dan dosen dalamm mengikuti kegiatan ini sangat tinggi dengan adanya jumlah peningkatan mahasiswa yang lolos program ini.

 

“Antusias Mahasiswa sangat tinggi untuk mengikuti kegiatan MBKM. Hal ini tampak dari jumlah pendaftar Kampus Mengajar Angkatan 8 yang semakin meningkat. Kami sangat senang bahwa Mahasiswa dan Dosen Uhamka banyak yang lolos di Kampus Mengajar Angkatan 8 ini, dan saya memastikan setiap bulannya saya akan mengundang DPL dan Mahasiswa Uhamka KM8 secara daring untuk melakukan sharing sessions untuk memastikan kelancaran mereka di sekolah penugasan,” tutur Isnaini.

 

Setelah Pengumuman pemetaan Sekolah Penugasan, mahasiswa dan DPL diberi pembekalan secara daring mulai tanggal 26 Agustus sampai dengan 2 September 2024. Pembekalan Mahasiswa di setiap harinya dibahas oleh Narasumber Tim KM Kemdikbudristek dengan materi yang berbeda melalui Room Zoom dan Youtube Live Ditjen Diktiristek. Beberapa materi yang dijelaskan oleh pakar dari bidang tersebut seperti materi Konsep Dasar Numerasi yang dipaparkan oleh Dicky Noto Afiah selaku Konsultan Numerasi Article 33, materi Konsep Dasar Kurikulum Merdeka oleh Yogi Anggraena selaku Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran serta narasumber-narasumber hebat lainnya dalam Pembekalan Mahasiswa dan DPL KM Angkatan 8.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tingkatkan Kompetisi Calon Guru Unggul, 42 Mahasiswa Uhamka Lolos Program kemendikbudristek

Trending Now

Iklan

iklan