Tim PKM FTII Uhamka Tingkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence

Jumat, 02 Agustus 2024 | 11:27 WIB Last Updated 2024-08-02T06:57:47Z


KabarPendidikan.id - 
Tim Pengabdian Masyarakat FTII Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang diketuai oleh Akhmad Rizal Dzikrillah bersama anggota Mahasiswa Teknik Elektro Uhamka mengadakan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) Internal yang dilaksanakan di Balai RW 08, Kelurahan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (23/7) atas dukungan dan saran dari Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka.

Selama sesi kegiatan ini, para mahasiswa membimbing ibu-ibu rumah tangga dalam memanfaatkan aplikasi Ngaji.ai Para mahasiswa membimbing para ibu rumah tangga terkait fitur-fitur utama aplikasi, seperti penentuan jadwal sholat berdasarkan lokasi, pengaturan notifikasi sholat, dan penentuan arah kiblat. Selain itu, Para Mahasiswa juga menjelaskan fitur deteksi kelancaran membaca Al-Quran serta fitur rekomendasi ayat harian agar membekali para ibu rumah tangga dengan pengetahuan dan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung ibadah sehari-hari, khususnya dalam mempelajari dan memperdalam pembacaan ayat Al-Quran.


Para ibu rumah tangga menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Mereka merasa sangat terbantu dengan materi yang disampaikan oleh para mahasiswa dan antusias menerapkan ilmu yang baru diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Para ibu rumah tangga juga turut aktif berpartisipasi dalam setiap sesi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi pengalaman selama menggunakan aplikasi Ngaji.ai.


Akhmad Rizal Dzikrillah, Dosen FTII Uhamka menyebutkan tujuan kegiatan ini agar warga Cipayung dan sekitar dapat meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran, sehingga warga juga dapat meningkatkan kualitas ibadah dengan baik.


“Dengan menggunakan aplikasi Ngaji.ai, para ibu rumah tangga dapat belajar secara mandiri, memperbaiki pelafalan dan tajwid, serta menumbuhkan minat dalam memperdalam ilmu agama. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperluas akses pembelajaran Al-Qur'an, menjembatani kesenjangan digital, dan membangun komunitas belajar yang positif,” ujarnya.


Tim Pengabdian Masyarakat FTII Uhamka berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal bagi para ibu rumah tangga untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an mereka. Dengan bantuan aplikasi Ngaji.ai, mereka dapat belajar secara mandiri dan efektif. Kemampuan membaca Al-Qur'an yang baik akan memberikan manfaat yang sangat besar, baik bagi diri sendiri maupun keluarga. Selain itu, mereka juga dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya dalam mencintai dan mempelajari Al-Qur'an.


Aplikasi teknologi kecerdasan buatan Ngaji.ai ini, menganalisis suara pengguna saat melafalkan ayat Al-Qur’an. Rekaman suara pengguna kemudian dibandingkan dengan database bacaan Al-Quran dari para Ustadz profesional. Dengan cara ini, Ngaji.ai dapat mengidentifikasi kesalahan dalam pelafalan, seperti tajwid yang salah atau intonasi yang tidak tepat. Selanjutnya, aplikasi akan memberikan umpan balik berupa teks, audio dan visualisasi untuk membantu para ibu rumah tangga memperbaiki kesalahan tersebut.


Aplikasi kecerdasan buatan Ngaji.ai ini, sangat membantu para ibu rumah tangga dalam membaca Al-Qur'an menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Aplikasi ini menawarkan fleksibilitas belajar yang tak terbatas, sehingga batasan usia dan waktu bukan lagi menjadi penghalang untuk mendalami Al-Qur'an.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PKM FTII Uhamka Tingkatkan Kualitas Bacaan Al-Quran Menggunakan Teknologi Artificial Intelligence

Trending Now

Iklan

iklan