Perkuat Kerja Sama Sektor Pendidikan, 5 Perguruan Tinggi di Indonesia Gandeng MoU dengan Kampus Ethiopia

Jumat, 09 Agustus 2024 | 07:46 WIB Last Updated 2024-08-09T00:49:03Z


KabarPendidikan.id
- Kunjungan ke Ethiopia pada 4-8 Agustus 2024 menghasilkan kerja sama di sektor pendidikan. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, Prof Suyitno.

 

Kendati demikian, lima perguruan tinggi asal Indonesia menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Ethiopia. Ada 15 Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang disepakati untuk memajukan sektor pendidikan.

 

Al Busyra Basnur selaku Duta Besar RI untuk Ethiopia menuturkan, pihaknya berkomitmen secara penuh untuk menjembatani kerja sama Indonesia dan Ethiopia, termasuk di bidang pendidikan. Kerja sama perguruan tinggi antar kedua negara, dalam rangka meningkatkan dan memperkuat diplomasi publik bilateral.

 

“Banyak sekali bidang kerja sama yang bisa dibangun oleh perguruan tinggi kedua negara. Kerja sama untuk kemajuan bersama secara bilateral, regional dan internasional,” tutur Al Busyra Basnur.

 

Adapun lima perguruan tinggi Indonesia yang memiliki MoU diantaranya Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Hindu Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Institut Agama Kristen Negeri Manado, Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak, dan terakhir Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri.

 

Sedangkan, terdapat tiga kampus Ethiopia yang telah melakukan MoU diantranya Ethiopia Adventist College/Kuyera Adventist University . Selanjutnya Gondar University dan Madda Walabu University.

 

Al Busyra Basnur mengatakan jumlah MoU antara perguruan tinggi Indonesia-Ethiopia adalah 49 MoU termasuk MoU yang ditanda tangani hari ini.

 

“Dengan penandatanganan tersebut, total jumlah MoU yang telah ditandatangani perguruan tinggi Indonesia dan Ethiopia adalah 49. Dari jumlah tersebut, 47 MoU di antaranya ditandatangani pada periode Maret 2019- Agustus 2024,” ujar Al Busyra Basnur.

 

Adapun tindak lanjut MoU di antaranya adalah saling mengunjungi antara perguruan tinggi di Indonesia dan Ethiopia. Selanjutnya penerbitan buku dan berbagai seminar yang difasilitasi oleh KBRI Addis Ababa.

 

adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perkuat Kerja Sama Sektor Pendidikan, 5 Perguruan Tinggi di Indonesia Gandeng MoU dengan Kampus Ethiopia

Trending Now

Iklan

iklan