Komunitas Robotik Uhamka adakan kegiatan Training Robotika dan Pemrograman Arduino Bersama Komunitas Pemuda Jabodetabek

Kamis, 08 Agustus 2024 | 11:43 WIB Last Updated 2024-08-08T04:43:07Z


KabarPendidikan.id 
Komunitas Robotik Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) yang dibimbing oleh Akhmad Rizal Dzikrillah mengadakan Program  Training Arduino Robotik. Training diselenggarakan di Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII) Uhamka dengan mengajak komunitas pemuda untuk berkunjung ke FTII Uhamka, Sabtu (20/7),

Komunitas pemuda umumnya berasal dari mahasiswa yang kuliah di Universitas Pelita Bangsa, Bekasi. Program pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar pemrograman arduino kepada komunitas pemuda serta menumbuhkan minat untuk belajar pemrograman arduino.

Pelatihan ini dimulai dengan training dasar pengenalan robotik dan pemrograman arduino yang diberikan oleh mahasiswa Teknik Mesin FTII Uhamka angkatan 2020 Adib Zulfa Fakkhrudin dan Diandra Rafi Rahardjo dari Teknik Informatika Uhamka angkatan 202 di ruang FTII Uhamka. Setelah itu, peserta dibawa ke Lab Mekatronika untuk melihat demonstrasi efek pemrograman arduino pada alat peraga robotik yang telah dibuat tim pengabdian sebelumnya. Peragaan robot ini dipandu oleh mahasiswa bernama Gripsy Adeep Firmansyah dari Teknik Elektro angkatan 2024.

Robot peraga ini dibuat oleh komunitas robotik Uhamka semenjak bulan desember 2023 untuk kepentingan kontes robot indonesia 2024, lalu digunakan sebagai alat peraga untuk kegiatan training.  Alat peraga berupa robot roda 4 dengan 4 capit yang mampu mencapit lalu mengangkat silinder pipa dengan sistem forklift. Alat peraga juga mampu mengambil bola dari lantai untuk kemudian melontarnya.

Selain memberikan training kepada, Komunitas pemuda juga dibekali cara untuk mengikuti event-event kompetisi kreatifitas mahasiswa. Komunitas pemuda juga dibekali cara untuk mempublikasikan karya inovasinya dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau publikasi Jurnal. Pembekalan ini diberikan oleh Ahmad Rizal Dzikrillah. Pada kesempatan terakhir, Dosen pembimbing mengajak peserta training untuk riset berkelanjutan bersama komunitas Pemuda dengan cara mengikuti kegiata workshop komunitas robotik uhamka setiap pekan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komunitas Robotik Uhamka adakan kegiatan Training Robotika dan Pemrograman Arduino Bersama Komunitas Pemuda Jabodetabek

Trending Now

Iklan

iklan