Gelar Workshop Pedoman RPL, Uhamka Ikhtiar Ciptakan Pemerataan Pendidikan Nasional

Rabu, 28 Agustus 2024 | 17:47 WIB Last Updated 2024-08-28T10:47:58Z


KabarPendidikan.id - 
Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Regulasi/Kebijakan RPL, Pedoman Formulir Evaluasi Diri (FED) dan Assesmen bagi Asesor dan Calon Asesor di lingkungan Uhamka yang diselenggarakan di Harris Hotel & Convention Cibinong City Mall, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/8).

 

Kegiatan ini didanai oleh Dirjen Belmawaristekdikti yang dimana Uhamka mendapatkan hibah atau bantuan pemerintah untuk pengembangan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

 

Kegiatan Workshop ini dihadiri oleh Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka, Anisia Kumala Mashadi selaku Wakil Rektor I Uhamka, Tri Wintolo Apoko selaku Ketua LP3 Uhamka, Benny Hendriana selaku Sekretaris LP3 Uhamka, Isnaini Handayani selaku Ketua Divisi Pengembangan Kurikulum LP3 Uhamka, Ahmad Suhaeri selaku Kepala Biro Akademik Uhamka, Irdalisa selaku Ketua Divisi RPL LP3 Uhamka, Arum Fatayan selaku Ketua MBKM & Diklat LP3 Uhamka, dan narasumber kegiatan yaitu Sandra Aulia yang merupakan tim pengembang RPL Kemdikbudristek.

 

Dalam sambutannya, Rektor Uhamka, Prof. Gunawan Suryoputro sangat mengapresiasi kegiatan ini karena RPL yang merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan akses seluas-luasnya bagi masyarakat dalam memperoleh Pendidikan yang berkeadilan dan merata serta berkualitas.

 

”Kegiatan RPL ini sangat bagus terutama dalam menciptakan pemerataan pendidikan di Indonesia agar seluruh kalangan masyarakat dapat merasakan pendidikan yang unggul dan berkualitas. RPL juga bagian dari pemenuhan kebijakan pemerintah sekaligus pencapaian target jumlah mahasiswa khususnya di Uhamka,” ucap Prof. Gunawan.

 

Selanjutnya sambutan dari Ketua LP3, Tri Wintolo Apoko, menyampaikan laporan terkait jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 78 peserta Asesor RPL maupun Calon Asesor RPL yang hadir secara luring maupun daring dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta yang hadir.

 

“Saya berharap kegiatan Workhop yang penting ini dapat diikuti secara penuh, terutama oleh calon asesor RPL karena peserta yang lulus akan diberikan sertifikat kelulusan melalui partisipasi kehadiran dan dalam pengerjaan post tes,” ujar Tri Wintolo Apoko.

 

Sementara dalam pemaparan materi, Sandra Aulia membahas kebijakan dan regulasi penyelenggaraan RPL termasuk jenis, mekanisme dan tahapan RPL. Selain itu, beliau memberikan beberapa contoh melakukan penilaian atau asesmen atas dokumen portofolio calon mahasiswa serta mengundang para peserta untuk presentasi atas praktik asesmen yang telah dilakukan. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta baik secara lurig dan daring dengan sangat antuasias dan penuh semangat.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Workshop Pedoman RPL, Uhamka Ikhtiar Ciptakan Pemerataan Pendidikan Nasional

Trending Now

Iklan

iklan