Gelar Kompetensi Chess Master, FKIP Uhamka Asah Skill dan Prestasi Mahasiswa

Kamis, 01 Agustus 2024 | 13:52 WIB Last Updated 2024-08-01T06:52:58Z


KabarPendidikan.id - 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof.DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Kompetisi Chess Master tahun 2024 di Auditorium Ahmad Dahlan Gedung FKIP Uhamka, Kamis (1/8).

 

Acara ini turut dihadiri oleh Purnama Syaepurrohman selaku Dekan FKIP Uhamka, Fachri Widana selaku Wasit Nasional dari Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Provinsi Jawa Barat, dan 40 peserta.

 

Pada kompetisi ini terdapat kategori peserta untuk pelajar dan umum. Diantara 40 peserta terdata  1 peserta yang berusia kurang lebih 10 tahun.

 

Purnama Syaepurrohman selaku Dekan FKIP Uhamka menuturkan bahwa kegiatan Chess Master ini bertujuan untuk mendorong para atlet dari luar Uhamka maupun masyarakat umum untuk ikut berkompetisi di kegiatan ini. Ia mengatakan, Chess Master ini juga merupakan kompetisi pertama yang diadakan oleh FKIP Uhamka.

 

“Harapannya  kedepan akan ada Chess Master yang berkelanjutan untuk mengasah logika para atlet dalam hal mengatur strategi. Dan kepada peserta yang menang ini akan menjadi sebuah capaian prestasi dan akan memiliki motivasi berkembang lebih lanjut untuk menjadi Grand Master Nasional maupun internasional,” tutur Purnama.

 

Sementara itu,  Fachri Widana selaku Wasit Nasional Percasi Jawa Barat mengatakan bahwa kompetisi ini dibuka untuk para pemain yang memang belum memiliki gelar atau masih di tingkat Non Master. Kemudian nomor yang dipertandingkan ialah catur cepat, yang hanya diberi waktu berpikir 15 menit. 

 

“Untuk mencari kandidat pemenangnya, kita memakai sistem Swiss dengan tie break yang sudah ditentukan saat technical meeting. Sebenarnya memainkan catur ini didasari oleh hobi, namun pada kompetisi nya tentu ada peraturan-peraturannya. Memainkan catur juga harus menggunakan teknik serta teori, karena itu akan memengaruhi kemenangan di dalam pertandingan,” ujar Fachri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Kompetensi Chess Master, FKIP Uhamka Asah Skill dan Prestasi Mahasiswa

Trending Now

Iklan

iklan