Dosen PGPAUD FKIP Uhamka Jadi Presenter dalam Pecera Annual Conference Tokyo 2024

Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:43 WIB Last Updated 2024-08-08T07:43:29Z


KabarPendidikan.id 
Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menghadiri kegiatan Pacific Early Childhoof Education Research Association (PECERA) Annual Conference Tokyo 2024 yang diselenggarakan di Toyo University, Jepang (2-4/7).

Annual Conference ini merupakan ajang bertemunya para peneliti bidang PAUD ditingkat Asia Pasific untuk mendiseminasikan hasil risetnya sehingga menjadi pengetahuan baru tentang PAUD di berbagai negara.

Dalam kegiatan ini, Dosen PG PAUD FKIP Uhamka menjadi salah satu  perwakilan dari Indonesia untuk menjadi presenter poster dengan membawakam materi yang berjudul The Effectiveness of Ecoparenting to Improve Environtmental Literacy in Early Childhood tentang penguatan kesadaran dalam menjaga lingkungan bagi para anak-anak usia dini melalui Ecoparenting.

Kegiatan diikuti oleh Chandrawaty dan Khusniyati Masykuroh selaku tim peneliti Dosen PG PAUD FKIP Uhamka. Dalam konferensi ini, Chandrawaty menyampaikan pentingnya peran orang tua sebagai contoh bagi anak-anak dalam menumbuhkan rasa cinta untuk melestarikan lingkungan.

"Peran orang tua dalam memberikan penguatan literasi lingkungan sangatlah penting dalam menumbuhkan rasa peduli dan cinta lingkungan pada anak-anak usia dini, dimana mereka masih membutuhkan peran orang tua sebagai contoh bagi mereka," ucap Chandrawaty.

Khusniyati Masykuroh, Ketua Program Studi PG PAUD menyebutkan orangtua harus menjadi model, educator, dan fasilitator yang baik bagi pengembangan sikap peduli lingkungan.

 “Pengasuhan peduli lingkungan penting untuk dilakukan oleh orangtua dengan menjadi model, educator, dan fasilitator bagi anak untuk membentuk generasi yang peduli pada lingkungan,” tuturnya.

Selain mengikuti PECERA Annual Conference, dosen PG PAUD juga melakukan school visit ke YAUI International Islamic School, Bennese Day care, dan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Jepang.

Tim dosen PG PAUD diterima dengan baik oleh Duta Besar  Heri Akhmadi dengan didampingi oleh Ibu Duta Besar, Atase Pendidikan, dan Kepala Sekolah Republik Indonesia Tokyo. Mereka juga mendapatkan motivasi dan penguatan terkait memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen PGPAUD FKIP Uhamka Jadi Presenter dalam Pecera Annual Conference Tokyo 2024

Trending Now

Iklan

iklan