Dosen PBSI FKIP Uhamka Tanamkan Penguatan Literasi Melalui Teks Multimodal di SMA Syarif Hidayatullah

Selasa, 27 Agustus 2024 | 15:43 WIB Last Updated 2024-08-27T08:43:00Z


KabarPendidikan.id
Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (Uhamka) melakukan kegiatan penguatan literasi kepada Siswa SMA Syarif Hidayatullah Bekasi dengan tema Penguatan Literasi Melalui Teks Multimodal, yang dilaksanakan Selasa (27/8).

 

Kegiatan ini bertujuan untuk merespon permasalahan literasi masih menjadi topik yang menarik saat ini, dikarenakan tingkat kemampuan literasi siswa SMA yang masih di bawah Rencana Jangka Menengah Nasional (RJMN) tahun 2020 – 2024 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Artinya target pemerintah pada lingkup literasi siswa masih belum mencapai. Dan kegiatan ini diikuti oleh 50 siswa kelas XII.

 

Abdul Rahman Jupri selaku Dosen PBSI FKIP Uhamka yang memberikan materi pada kegiatan tersebut menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa terkait teks multimodal dan bagaimana meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui teks multimodal tersebut.

 

“Banyak siswa yang bisa membaca, namun tidak mampu memaknai bacaannya, oleh karena itu penguatan literasi tidak boleh berhenti, salah satunya melalui teks multimodal ini,” tutur Jupri.

 

Sementara itu, Seno selaku Guru Bahasa Indonesia di SMA Syarif Hidayatullah mengatakan bahwa siswa SMA perlu adanya bimbingan lebih lanjut mengenai literasi, karena literasi sendiri merupakan hal yang penting dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

 

“Dalam hal ini, pembelajaran Bahasa Indonesia sangat akrab dengan literasi karena banyak sekali pembelajaran menggunakan teks atau bacaan, hanya saja mengenal literasi bukan hanya sekedar membaca tapi memaknai dan memahami bacaan tersebut,” ujar Seno.

 

Riadh Azhar selaku Kepala sekolah SMA Syarif Hidayatullah berharap bahwa kegiatan penguatan literasi ini dapat dilakukan secara berkelanjutan agar siswa-siswa semakin memahami arti pentingnya literasi.

 

“Kegiatan ini sangat baik, dan semoga bisa dilakukan secara konsisten agar siswa-siswa kami dapat memahami pentingnya literasi” ucap Riadh.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen PBSI FKIP Uhamka Tanamkan Penguatan Literasi Melalui Teks Multimodal di SMA Syarif Hidayatullah

Trending Now

Iklan

iklan