Tim PKM PGSD FKIP Uhamka Gelar Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi bagi Guru SD Negeri Susukan 07 Pagi

Selasa, 23 Juli 2024 | 13:58 WIB Last Updated 2024-07-23T11:03:56Z


KabarPendidikan.id
 - Tim Pengabdian Masyarakat (PKM) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) menggelar Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi bagi Guru SD Negeri Susukan 07 Pagi yang dilaksanakan pada hari Jum’at (7/7).

 

Siswa Indonesia membutuhkan penguatan literasi dan numerasi sebagai kompetensi dasar kemampuan siswa. Hal ini berangkat dari fakta bahwa beragam survei di tingkat nasional dan internasional secara konsisten, dari tahun ke tahun, menunjukkan kedua bidang tersebut tidak mengalami peningkatan signifikan bahkan cenderung menurun. Kondisi ini terjadi karena proses pembelajaran di satuan pendidikan mengabaikan literasi dan numerasi sebagai dasar berpikir. Materi yang diajarkan juga kurang relevan dengan kehidupan keseharian siswa sehingga terasa tidak bermakna.

 

Kegiatan pelatihan dihadiri oleh Ika Yatri selaku Wakil Dekan I, Nurul Huriyah selaku Kepala Sekolah SDN Susukan 07 Pagi, Kowiyah selaku Ketua Tim PKM dan Pemateri, Edi Supriyadi selaku Pemateri kedua, dan juga partisipan yang hadir yang berasal dari guru-guru SDN 07 Susukan Pagi.

 

Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi dibuka oleh Wakil Dekan 1 FKIP Uhamka Ika Yatri sekaligus sebagai Tim PKM menyampaikan bahwa Literasi dan Numerasi merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh guru dan peserta didik dalam mengembangkan kedalam pembelajaran yang lainnya. Pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Kowiyah yang menyoroti tentang hasil Literasi dan Numerasi secara Internasional dan Nasional serta bagaimana Pembelajaran dan Evaluasi yang dibuat guru agar dapat meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik. Pemateri kedua disampaikan oleh Edi Supriyadi terkait bagaimana mengembangkan Pembelajaran, Media dan Evaluasi yang Inovatif agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran serta peningkatan literasi dan numerasi Peserta Didik.

 

Ika Yatri selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka menyampaikan bahwa guru-guru di SDN Susukan 07 Pagi masih belum sepenuhnya memahami mengenai pentingnya peningkatan literasi dan numerisasi siswa sesuai dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai kompetensi dasar siswa.

 

”Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, Guru-Guru SD Negeri Susukan 07 Pagi masih belum memahami secara mendalam mengenai pentingnya literasi dan numerisasi sebagai kompetensi dasar siswa dan pengembangan inovasi pembelajaran dan media yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Sehingga perlu diadakan adanya pelatihan pengembangan literasi dan numerasi bagi guru SDN Susukan 07 Pagi,” ucap Ika Yatri.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim PKM PGSD FKIP Uhamka Gelar Pelatihan Pengembangan Literasi dan Numerasi bagi Guru SD Negeri Susukan 07 Pagi

Trending Now

Iklan

iklan