Terakreditasi Unggul, Prodi D4 TLM FFS Uhamka Siapkan Lulusan yang Berkompeten

Senin, 22 Juli 2024 | 14:34 WIB Last Updated 2024-07-22T07:34:29Z


KabarPendidikan.id
- Adia Putra Wirman, Sekprodi. D4 Analis Kesehatan atau Ahli Teknologi Laboratorium Medik (ATLM) Fakultas Farmasi dan Sains Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (Uhamka) menjadi narasumber dalam acara Teras TvMu dengan tema Program Studi Unggul dengan Menyiapkan Lulusan Teknologi Laboratorium Medik Siap Kerja, Ahad (21/7).

 

Pada kesempatan ini Adia menjelaskan bahwa prospek kerja lulusan TLM akan dikerahkan ke rumah sakit, puskesmas,  laboratorium klinik dan lainnya. Melihat dari formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2023 untuk teknisi medis termasuk TLM sebanyak 1.500 formasi di pusat. Dan untuk di daerah kurang lebih sebanyak 10.000 formasi yang dibutuhkan. Maka, lulusan TLM ini sangat memiliki peluang dengan karier yang menjamin.

 

“Sebagai gambaran ketika waktu itu Covid-19, para mahasiswa TLM pun juga diminta untuk ikut berkecimpung di dalamnya. Secara garis besar lulusan TLM ini sangat dibutuhkan di masyarakat dan memiliki peluang kerja yang sangat besar,” tutur Adia.

 

Adia juga mengatakan, untuk menciptakan lulusan yang berkompeten maka dalam penyusunan kurikulum prodi melibatkan berbagai pihak diantaranya, stakeholders dari mitra rumah sakit, puskesmas, mahasiswa dan alumni. Selain itu, prodi D4 TLM ini mengambil kurikulum atas rekomendasi asosiasi yang nantinya akan dikembangkan.

 

“Keunggulan yang dimiliki oleh prodi D4 TLM ialah biologi molekuler. Selain itu menetapkan tujuh kompetensi yang harus dimiliki lulusan TLM yaitu dibidang kima klinik, hematologi, parasitologi, bakteriologi, mikologi, sitohistoteknologi dan biologi molekuler. Tujuh kompetensi tersebut nanti akan diujikan pada ujian kompetensi dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan ujian Objective Structured Clinical Examination (OSCE),” ujar Adia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terakreditasi Unggul, Prodi D4 TLM FFS Uhamka Siapkan Lulusan yang Berkompeten

Trending Now

Iklan

iklan