Pentingnya PAUD untuk Bekal Terbaik Pendidikan Anak, PAUD Sam Ratulangi Kembangkan Kurikulum Literasi dan Karakter

Jumat, 12 Juli 2024 | 10:49 WIB Last Updated 2024-07-12T03:49:23Z


KabarPendidikan.id
- Faradila Bachmid selaku Kepala Sekolah PAUD Sam Ratulangi  menuturkan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memegang peran krusial dalam membentuk pondasi yang kuat bagi perkembangan anak-anak. Masa keemasan anak usia dini adalah periode di mana otak mengalami perkembangan yang sangat pesat. Oleh karena itu, pendidikan pada tahap ini sangat penting untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan berikutnya dengan bekal yang memadai.

 

“PAUD Sam Ratulangi di Manado telah mengambil langkah penting dalam membekali anak-anak melalui program literasi. Saya rasa bahwa pendidikan anak usia dini sangat penting karena itu pendidikan dasar anak selain mendapatkan pendidikan di rumah bersama orang tua,” tutur Faradila.

 

Faradila juga menambahkan bahwa di PAUD Sam Ratulangi, kurikulum literasi dan karakter dikembangkan secara khusus.

 

"Ada kurikulum juga yang kita kembangkan sendiri yakni literasi dan karakter. Jadi di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memiliki kegiatan membaca 15 menit sebelum anak-anak memulai proses belajar biasanya rata-rata diterapkan untuk sekolah SD dan SMP, namun di PAUD Sam Ratulangi kami juga menerapkannya," jelas Faradila.

 

Faradila juga mengatakan, melalui program literasi yang diterapkan sejak dini, anak-anak di PAUD Sam Ratulangi diharapkan menjadi lebih akrab dengan bahan bacaan. PAUD Sam Ratulangi juga menyediakan berbagai buku dan menerapkan aktivitas membaca dengan metode read aloud atau membaca nyaring sebelum memulai proses pembelajaran. Metode ini bertujuan untuk menstimulasi anak, memudahkan mereka menerima materi pembelajaran dan mempercepat kemampuan membaca serta pemahaman.

 

"Lewat literasi, kosakata dan bank kata anak menjadi tambah banyak sehingga memudahkan anak menerima pelajaran. Selain itu, literasi sejak dini juga berperan dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak dan mempersiapkan mereka untuk jenjang pendidikan selanjutnya," ucap Faradila.

 

adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pentingnya PAUD untuk Bekal Terbaik Pendidikan Anak, PAUD Sam Ratulangi Kembangkan Kurikulum Literasi dan Karakter

Trending Now

Iklan

iklan