Peduli Kesehatan pada Anak-anak, Tim Dosen FIKES Uhamka Edukasi Cara Memilih Jajanan di SD Nasional Alamanda Depok

Senin, 22 Juli 2024 | 16:03 WIB Last Updated 2024-07-22T09:03:36Z


KabarPendidikan.id
 - Tim Dosen Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (FIKES Uhamka) dari Program Studi Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Gizi berkolaborasi dengan mahasiswa FIKES Uhamka menyeleggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SD Nasional Alamanda Depok pada bulan Februari 2024.

 

Kegiatan ini dibuat dalam bentuk edukasi terhadap siswa kelas 6 beserta tanya jawab yang diisi oleh beberapa narasumber diantaranya dosen Program Studi Kesehatan Masyarakat yaitu Rismawati Pangestika dan Yuli Dwi Setyowati dari dosen Program Studi Ilmu Gizi FIKES Uhamka.

 

Menurut Rismawati Pangestika menuturkan, dalam perilaku jajan sangat diperlukan hygiene dan sanitasi yang baik agar kebersihan, kesehatan tetap terjaga dan kebutuhan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh anak-anak tercukupi.

 

“Selain itu, siswa juga hendaknya mengetahui pilihan jajanan baik makanan atau minuman yang sehat karena di era sekarang cukup banyak kasus pemalsuan makanan dengan menggunakan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang berbahaya misalnya pewarna dan pemanis buatan yang sangat berisiko bagi kesehatan,” tutur Rismawati.

 

Sedangkan menurut Yuli Dwi Setyowati, perilaku jajanan juga harus diimbangi dengan kebiasaan mengonsumsi jenis makanan dan minuman. Sebagai contoh perlunya mengendalikan asupan gula dalam makanan dan minuman, serta memperhatikan frekuensi atau sering tidaknya mengonsumsi. Ketika kebiasaan makan dan jenis makanan tidak dikendalikan, maka banyak risiko penyakit yang dapat terjadi pada anak-anak, msalnya penyakit diabetes, overweight dan hipertensi usia muda.

 

“Oleh karena, itu melalui edukasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku anak-anak dalam memilih makanan atau minuman. Tidak kalah penting juga tetap adanya peran orangtua dan guru dalam mengontrol dan mengawasi pola konsumsi anak-anak,” ujar Yuli.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peduli Kesehatan pada Anak-anak, Tim Dosen FIKES Uhamka Edukasi Cara Memilih Jajanan di SD Nasional Alamanda Depok

Trending Now

Iklan

iklan