MAN 4 Jombang Berikan Pendidikan Akhlak untuk Peserta Didik Baru pada Matsama

Rabu, 17 Juli 2024 | 10:11 WIB Last Updated 2024-07-17T03:11:35Z


KabarPendidikan.id
- Masa ta’aruf siswa madrasah ( Matsama ) di MAN 4 Jombang PP Mamba'ul Ma’arif Denanyar berlangsung meriah. Tedapat 580 peserta didik baru sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan Matsama yang dipusatkan di Gedung KH Hasyim Asy’ari MAN 4 Jombang ini.

 

Moh Ilyas selaku Kepala MAN 4 Jombang  mengatakan bahwa pembukaan Matsama di MAN 4 Jombang, ditandai dengan upacara dan pelepasan balon ke udara.

 

’’Alhamdulillah,  kemarin pembukaan dilakukan secara serentak dari yayasan, diikuti seluruh lembaga pendidikan di bawah yayasan Mambaul Ma’arif mulai tingkat MI hingga SLTA,’’ tutur Ilyas.

 

Ilyas menjelaskan, satu diantara hal yang membedakan Matsama di MAN 4 Jombang dengan lainnya, para siswa baru diberikan wawasan terkait kepesantrenan, dalam hal ini PP Mambaul Ma’arif. Termasuk sejarah pendiriannya hingga berkembang sampai sekarang. Sehingga mereka tahu, pendidikan santri putri pertama di pondok pesantren lahir di Denanyar ini.

 

"Ibu Nyai Hj Nur Khodijah merupakan perintis pondok pesantren putri pertama di Indonesia,’’ jelasnya.

 

Ilyas menambahkan, di MAN 4 Jombang juga ada materi keaswajaan dan moderasi beragama yang disampaikan salah satu pengasuh PP Mamba'ul Ma'arif.Selain itu ada materi tentang kedisplinan, ketertiban dan wawasan wiyata mandala.

 

“Pada jam terakhir ada demo ekstrakurikuler. Sebanyak 20 ekstrakurikuler akan didemokan secara langsung. Dan nantinya peserta didik baru bisa memilah dan memilih kira-kira nanti mau ikut yang mana,’’ tambah Ilyas.

 

Di akhir Ilyas menyampaikan bahwa Matsama di MAN 4 Jombang, dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang edukatif, kreatif dan menyenangkan.

 

“Saat pembukaan sudah kami tekankan, tidak boleh ada kekerasan, bullying dan perpeloncoan. Bahkan tema yang diusung yakni menyemai akhlak mulia, menuai generasi beprestasi Jombang. Jadi yang paling kita tekankan pada Matsama ini adalah pendidikan akhlak,’’ tutup Ilyas.

 

adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MAN 4 Jombang Berikan Pendidikan Akhlak untuk Peserta Didik Baru pada Matsama

Trending Now

Iklan

iklan