Mahasiswa FK Uhamka Laksanakan Field Study di Puskesmas-Puskesmas di Tangerang Selatan

Selasa, 09 Juli 2024 | 22:11 WIB Last Updated 2024-07-09T15:11:50Z


Kabarpendidikan.id
 - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (Uhamka) semester 2 melakukan kunjungan Field Study ke beberapa Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan yaitu Puskesmas Jurangmangu, Pondok Kacang Timur dan Parigi, Jumat (5/7).

 

Sebanyak 90 FK Uhamka disambut hangat oleh Kepala Puskesmas masing-masing. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada para mahasiswa dalam Upaya pelayanan kesehatan Masyarakat yang ada di Puskesmas.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh drg. Asih Nasution selaku Puskesmas Jurangmangu, Erni selaku Kepala Puskesmas Pondok Kacang Timur, dr. Akbar sebagai Kepala Puskesmas Parigi dan 90 mahasiswa FK Uhamka yang mengikuti kegiatan ini.

 

Dalam kegiatan ini juga ada program yang disebut dengan "Ngider Sehat," dimana ini adalah kegiatan keluar Gedung berupa terjun langsung ke lapangan seperti di posyandu, pos lansia dan pelacakan pasien yang sakit. Kegiatan ini diikuti oleh para mahasiswa bersama staf-staf lapangan Puskesmas yang biasanya terdiri dari perawat, bidan dan tenaga promkes. Mahasiswa sangat antusias karena mereka diberi kesempatan untuk terlibat langsung dalam anamnesa, pemeriksaan tensi, dan pemeriksaan gula darah. Selain itu, mereka juga memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat setempat.

 

drg. Asih Nasution selaku Puskesmas Jurangmangu menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini dalam menambah wawasan para mahasiswa kedokteran dan berharap kedepannya dapat terlaksana kembali kerja sama ini.

 

Field Study ini memberikan wawasan dan keterampilan praktis yang berharga bagi para mahasiswa FK UHAMKA. Diharapkan, kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kompetensi dan kepekaan sosial mahasiswa dalam bidang kesehatan masyarakat,” ucap drg. Asih.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mahasiswa FK Uhamka Laksanakan Field Study di Puskesmas-Puskesmas di Tangerang Selatan

Trending Now

Iklan

iklan