Warek III Uhamka Harapkan Dosen dapat Luncurkan Buku Ajar yang Bermanfaat bagi Pendidikan Tinggi

Rabu, 26 Juni 2024 | 11:01 WIB Last Updated 2024-06-26T04:01:50Z


KabarPendidikan.id
- Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, Kerjasama, dan Urusan Internasional (LP3KUI) Universitas Muhammadiyah Prof.DR. HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan Seminar Kiat-kiat Penulisan Buku Ajar di Aula Ahmad Dahlan lantai VI, Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka, Rabu (26/6).

 

Acara ini turut dihadiri oleh Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka, Prof Abd Rahman A Ghani selaku Narasumber sekaligus Sekretaris Sekolah Pascasarjana Uhamka. Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu, Ihsana El Khuluqo selaku Sekretaris SPs Uhamka. Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Sarana Prasarana, Promosi, Kerjasama dan Kemahasiswaan, Yayat Sri Hayati selaku Narasumber sekaligus Senior Editor PT RajaGrafindo Persada, Sri Kusuma Ningsih selaku Kepala Divisi Publikasi LP3KUI Uhamka, Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan LP3KUI Uhamka, Agus Dwi Mulia selaku Kepala Sekretariat LP3KUI Uhamka, dan para dosen Uhamka sebagai peserta seminar.

 

Prof Nani Solihati selaku Wakil Rektor III Uhamka menuturkan bahwa pada bulan lalu Lembaga Penelitian dan Pengembangan Uhamka telah menyelenggarakan kegiatan workshop penulisan buku referensi dan kegiatan kiat-kiat penulisan buku ajar saat ini merupakan kegiatan lanjutan, namun digaungkan oleh LP3KUI Uhamka. Ia berharap dari pertemuan ini akan ada buku yang dihasilkan dan disebarluaskan.

 

"Menulis itu memerlukan proses yang panjang, maka ini diniatkan untuk ibadah agar fokus dalam menyelesaikannya. Karena di dalam buku ini memiliki ilmu yang akan terus mengalir kepada mereka yang membacanya dan itu menjadi amal jariyah. Oleh karena itu, menulis harus menjadi budaya. Saya berharap, selesai dari kegiatan ini ada tulisan yang dapat publikasikan," tutur Prof Nani.

 

Di lain pihak, Prof Abd Rahman A Ghani selaku Narasumber sekaligus Sekretaris SPs Uhamka Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penjaminan Mutu menyampaikan bahwa menyandang profesi dosen sangat berbeda dengan menjadi guru. Ia mengatakan bahwa dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan.

 

"Sebagai dosen Uhamka tentunya memiliki tugas utama diantaranya pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan, mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penulisan Modul Buku Ajar (MBA) merupakan satu diantara banyaknya indikator capaian mutu bidang pengajaran dosen sesuai dalam Peremendikbudristek Nomer 53 tahun 2023 tentang Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi, Pasal 43. Maka dosen dipandang layak menuliskan MBA, karena memiliki modal pengalaman dan juga riset dan pengmas yang telah dilakukan," ujar Prof Rahman.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Warek III Uhamka Harapkan Dosen dapat Luncurkan Buku Ajar yang Bermanfaat bagi Pendidikan Tinggi

Trending Now

Iklan

iklan