Wadek III FKIP Uhamka Bahas Pentingnya Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan dalam Menciptakan Indonesia Emas 2045

Sabtu, 15 Juni 2024 | 14:19 WIB Last Updated 2024-06-15T07:19:56Z


KabarPendidikan.id
 - Teras TVMu menghadirkan Harinaredi selaku Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) sebagai narasumber dalam membahas tema mengenai Membangun Pendidikan Yang Mencerdaskan dan Mencerahkan Menuju Indonesia Emas 2045 yang tayang di kanal TV Muhammadiyah.

 

Pada kesempatan ini, Harinaredi menjelaskan mengenai peran dan keikutsertaan FKIP Uhamka dalam menciptakan kemajuan pendidikan yang tidak hanya mencerdaskan namun juga mencerahkan sebagai persiapan menuju Indonesia Emas 2045 serta menghadapi isu-isu dan tantangan global dalam bidang pendidikan.

 

Harinaredi menyampaikan bahwa peran guru dalam pendidikan sangatlah penting, terlebih lagi peran pendidikan sebagai fondasi bangsa sangat besar bagi perjuangan kemerdekaan Indonesia saat masih memperjuangkan kemerdekaan.

 

”Guru itu harus menjadi sebuah panutan dan contoh yang baik bagi masyarakat terutama bagi para siswanya. Apalagi Pendidikan merupakan hal yang penting bagi masyarakat sebagai sebuah fondasi bagi bangsa dan negara, terutama Indonesia yang perjuangan kemerdekaannya dipengaruhi oleh orang-orang cendekiawan berpendidikan,” ucap Harinaredi.

 

Selain itu, Harinaredi juga menjelaskan bahwa peran pendidikan selain mencerdaskan bangsa, harus juga mencerahkan dengan pengutan pendidikan spiritual dan agama disamping ilmu pengetahuan dalam meningkatkan ketakwaan agar selalu menjadi manusia yang berakhlak mulia.

 

”Cerdas itu harus mencerahkan, karena kecerdasan ilmu harus juga diimbangi dengan kecerdasan spiritual yang berbasis agama agat ilmu menjadi bermanfaat dan membuat kita menjadi manusia yang takwa dan selalu memiliki akhlak yang mulia,”

 

Terakhir, Harinaredi menyampaikan bahwa Uhamka tidak hanya bergerak dalam penguatan ilmu pengetahuan, namun juga ilmu spiritual dan agama islam sebagai Prophetic Teaching University yang berbasis kepada nilai-nilai akhlah mulia Rasulullah SAW dan pedoman Al-Qur’an untuk menciptakan Indonesia Emas 2045 yang rahmatan lil alamin.

 

”Untuk itu, Uhamka sebagai Prophetic Teaching University yang berpedoman kepada pembangunan akhlak mulia dari contog Rasulullah dan Al-Qur'an sebagai bekal ilmu spiritual disamping Ilmu Pengetahuan dengan menciptakan Islam yang berkemajuan dan Rahmatan lil Alamin dan sebagai contoh pusat peradaban islam yang maju pada masa indonesia emas 2045 nanti,” pungkas Harinaredi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wadek III FKIP Uhamka Bahas Pentingnya Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan dalam Menciptakan Indonesia Emas 2045

Trending Now

Iklan

iklan