Komitmen Berikan Layanan Pendidikan pada Anak-anak Berkebutuhan Khusus, Dinas Pendidikan Blora Bentuk Unit Layanan Disabilitas

Jumat, 21 Juni 2024 | 08:18 WIB Last Updated 2024-06-21T01:18:19Z


KabarPendidikan.id
- Pentingnya pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, Dinas Pendidikan Blora terus memperhatikannya,  hal itu merupakan komitmen untuk memberikan layanan pendidikan tanpa diskriminasi.

 

Untuk memfasilitasi itu, Dinas pendidikan Blora berinisiasi untuk membentuk Unit Layanan Disabilitas (ULD).

 

Nuril Huda  selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, memimpin rapat terkait ULD. Ia menyampaikan ada beberapa hal yang harus segera dilaksanaka dan ULD diharapkan bisa menjadi solusi terkait keberadaan anak-anak berkebutuhan khusus. Sebab, satuan pendidikan tak boleh menolak anak-anak berkebutuhan khusus.

 

"Pertama terkait dengan regulasi. Nantinya akan disediakan ruang khusus tenaga fungsional, dokter, dan guru," tutur Nuril

 

Nuril menambahkan, regulasi untuk sebagai payung hukum. Dengan adanya regulasi yang jelas dan optimalisasi peran ULD maka satuan pendidikan bisa mengakomodir anak-anak berkebutuhan khusus.

 

“Anak tersebut dikategorikan disabilitas atau tidak harus ada rekomendasi dari sekolah. Unit Layanan Disabilitas (ULD) bertujuan ketika sekolah menerima anak disabilitas ini tidak ada masalah," tambah Nuril.

 

Di akhir Nuril menyampaikan, nantinya anak disabilitas tidak masuk sekolah secara rutin, tetapi pembelajarannya visitasi. Para tenaga Unit Layanan Disabilitas (ULD) ini melakukan visitasi ke rumahnya.

 

“Tentunya dari sisi Kurikulum lebih spesifik. Mari kita laksanakan dengan sungguh-sungguh,” tutup Nuril.

 

adp

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Komitmen Berikan Layanan Pendidikan pada Anak-anak Berkebutuhan Khusus, Dinas Pendidikan Blora Bentuk Unit Layanan Disabilitas

Trending Now

Iklan

iklan