Jawab Tantangan Perkembangan Digital, Kaprodi Teknik Informatika FTII Uhamka Berikan Tip Bentuk SDM Unggul

Sabtu, 29 Juni 2024 | 13:11 WIB Last Updated 2024-06-29T06:11:47Z


 KabarPendidikan.id - Kepala Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri dan Informasi (FTII) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka), Mia Kamayani Sulaeman menjadi narasumber dalam program Teras TVMu yang tayang di kanal TV Muhammadiyah, Sabtu (29/6).

 

Mengangkat tema mengenai Peran FTII Uhamka dalam Mempersiapkan Lulusan Berkualitas dalam Menghadapi Era Transformasi Digital, Mia Kamayani membahas mengenai strategi dan peran yang akan dilakukan oleh Prodi Teknik Informatika FTII Uhamka sebagai salah satu program studi teknik yang bergerak dibidang teknologi dan digital.

 

Mia Kamayani menjelaskan bahwa kebutuhan akan perkembangan teknologi berkembang sangat pesat setelah pandemik melanda. Untuk itu, Prodi Teknik Informatika FTII ikhtiar dalam membangun lulusan unggul yang tidak hanya cerdas pengetahuan dan kompetensi, namun juga spiritual.

 

”Setelah pandemik melanda, perkembangan teknologi digital sangat cepat dan pesat sehingga lulusan Teknik Informatika sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan perusahaan saat ini. Untuk itu, Prodi Teknik Informatika FTII Uhamka dengan visi Menghasilkan lulusan unggul yang berbasis kepada Prophetic Teaching University sehingga cerdas tidak hanya di pengetahuan dan kompetensi namun juga spiritualnya,” ucap Mia.

 

Selanjutnya, Mia Kamayani juga menyampaikan bahwa saat ini, Indonesia berada di peringkat terendah mengenai pemahaman teknologi dan informasi digital. Menyikapi hal tersebut, Teknik Informatika FTII Uhamka berkomitmen dalam membentuk mahasiswa dengan kompetensi unggul melalui program pendidikan unggulan salah satunya Kampus Merdeka.

 

”Menurut data Digital Index, Indonesia masih terendah di asia tenggara sehingga ita harus menyiapkan SDM yang ahli dalam bidang digital dan teknologi. Kita berkomitmen dalam menyiapkan lulusan yang unggul melalui program magang dengan mitra-mitra yang tergabung dalam kegiatan Kampus Merdeka baik perusahaan atau instansi perguruan tinggi,”

 

Selain itu, dalam menjawab tantangan perkembangan digital, Mia Kamayani menjelaskan bahwa kompetensi teknologi mahasiswa saja tidaklah cukup, perlu ada peningkatan kemampuan berbahasa asing bagi mahasiswa dan juga perkembangan kurikulum internasional dalam mendukung internasionalisasi instansi.

 

”Untuk kurikulum, kita mengikuti perkembangan kurikulum dunia melalui Asosiasi Prodi Teknik Informatika yaitu Kurikulum OBE dengan melihat kemampuan dan kompetensi mahasiswa juga penguasaan bahasa asing yaitu bahasa inggris, kita sudah mewajibkan TOEFL bagi para mahasiswa sebelum lulus dalam meningkatkan akreditasi Internasional,” ujar Mia.

 

Terakhir, Mia Kamayani menyampaikan harapannya kepada para dosen dan mahasiswa untuk selalu meningkatkan kompetensi dan kemampuan dalam ikhtiar menjadi SDM Uhamka yang unggul.

 

”Mari kita terus tingkatkan mutu pendidikan dan kompetensi kita dengan selalu belajar dalam menghasilkan mahasiswa-mahasiswa yang kompeten dalam menjadi SDM Uhamka yang unggul, tidak hanya nasional namun juga internasional,” pungkas Mia.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jawab Tantangan Perkembangan Digital, Kaprodi Teknik Informatika FTII Uhamka Berikan Tip Bentuk SDM Unggul

Trending Now

Iklan

iklan