Dosen Uhamka Ini Sampaikan Khutbah Idul Adha di Australia dalam Tiga Bahasa

Selasa, 18 Juni 2024 | 14:03 WIB Last Updated 2024-06-18T07:03:53Z


KabarPendidikan.id - 
Auburn, Sydney. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Muhammadiyah di Australia, Muhammadiyah menyelenggarakan jamaah shalat Id. Bertempat di Auburn Gallipoli Mosque, Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah New South Wales (PRIM NSW) mengadakan shalat Idul Adha pada hari Senin, 17 Juni 2024, pukul 8 pagi waktu Sydney.

 

Hadir dalam shalat Idul Adha ini tidak kurang dari 150 orang, yang sebagian besarnya justru adalah warga muslim diaspora Asia Selatan dan Asia Tengah. Hanya sekitar seperlimanya saja yang merupakan warga diaspora Indonesia.

 

Bertindak selaku imam dan khatib adalah dosen Uhamka yang juga ketua PRIM NSW, Doktor Izza Rohman. Menariknya, karena beragamnya jamaah yang ikut serta, ia pun menyampaikan khutbah dalam tiga bahasa, yakni Arab, Inggris dan Indonesia. Ia menyampaikan khutbah dengan tema “Idul Adha sebagai Momentum Meraih Derajat Muhsinin”.

 

Ini momen istimewa karena untuk pertama kalinya Muhammadiyah mengadakan layanan penyelenggaraan shalat Id di Australia. Tempatnya pun sangat ikonik karena Masjid Gallipoli adalah salah satu destinasi utama wisatawan muslim yang berkunjung ke Sydney.

 

Sebelum shalat dimulai, Izza menjelaskan lebih dulu kepada jamaah dalam bahasa Inggris tentang tatacara shalat dan khutbah yang akan dilaksanakan. Ini penting karena muslim di Australia sangatlah beragam pilihan fikihnya. Boleh dibilang, muslim di Sydney mewakili keragaman mazhab dan manhaj di dunia Islam.

 

Masjid Gallipoli sendiri tahun ini menjadi tempat digelarnya lima kali jamaah shalat Idul Adha di tiga hari yang berbeda: Ahad, Senin, dan Selasa. Jamaah shalat Id Muhammadiyah menjadi satu-satunya yang diadakan pada hari Senin di tempat ini, bahkan mungkin satu-satunya di kawasan barat Sydney Raya.

 

Shalat Id pada hari Senin lainnya diadakan oleh Dee Why Mosque di daerah pantai timur. Mayoritas muslim Australia memang merayakan Idul Adha pada hari Ahad (16/7) dan Selasa (18/6).

 

Izza Rohman sendiri bukan kali pertama ini menjadi khatib Idul Adha di Australia. Pada tahun lalu ia juga menjadi khatib shalat Idul Adha yang diadakan oleh Ashabul Kahfi Islamic Centre di Campsie. Saat itu ia juga menggunakan tiga bahasa dalam khutbahnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dosen Uhamka Ini Sampaikan Khutbah Idul Adha di Australia dalam Tiga Bahasa

Trending Now

Iklan

iklan