Oleh : Najwa
Rahmalia
Fakultas
Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka
Sebagai manusia kita sering terbebani
soal tugas atau pekerjaan yang menumpuk, menyebabkan kita menjadi keteteran dan
tidak tepat waktu. Salah satu penyebabnya, yaitu kita tidak bisa mengatur waktu
dengan baik. Mengatur waktu sangat di perlukan untuk menyelesaikan semua tugas
dengan tepat waktu. Jadi, kita harus memiliki kemampuan manajemen yang baik
agar dapat mengerjakan tugas secara tepat waktu dan disiplin. Tanpa kemampuan
tersebut, tidak mungkin kita akan merasa kesulitan. Maka mempelajari ilmu dasar
tentang manajemen bukan hal yang akan sia-sia.
Apa yang di maksud dengan manajemen?
Manajemen adalah suatu proses seseorang untuk mengatur segala sesuatu yang
dilakukan secara individu maupun kelompok. Selain itu, manajemen bisa untuk
pengorganisasian, pengaturan dan pengendalian agar bisa mencapai target dengan
tepat. Dengan menerapkan ilmu manajemen, diharapkan sesuatu yang sedang
dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan tanpa ada hal yang menjadi sia-sia.
Justru manajemen lah yang mengubah hidup kita.
Tujuan utama dari manajemen sendiri
adalah untuk memperoleh hasil maksimal kita dalam melakukan sesuatu. Manajemen
juga bukan soal waktu saja, namun mencakup banyak hal. Ada manajemen keuangan,
manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen dapodik,
manajemen bisnis, manajemen risiko dan sebagainya. Maka dari itu, kita bisa
gunakan manajemen dimana saja.
Dengan adanya manajemen, kita bisa
membangun karakter yang lebih disiplin dan teratur lagi. Selain itu, kita juga
bisa mencapai target yang sudah di rencanakan dari awal sampai akhir. Manajemen
juga dapat mengurangi risiko terhadap suatu yang sudah kita bangun. Contohnya,
kita membangun sebuah perusahaan di dalamnya ada manajemen yang bisa mengatasi
risiko dari kerugian dalam suatu perusahaan.
Pembangunan karakter juga bisa
dilakukan dengan pendidikan. Dengan cara, membangun karakter di sekolah adalah
kunci utama yang harus dilakukan dalam menggunakan manajemen yang efektif dan
efisien. Hal yang terpenting dalam membentuk karakter adalah literasi
pengetahuan moral, literasi rasa moral, dan tindakan moral. Ditambah dengan
habituasi dan keteladanan. Maka teciptalah sebuah kegiatan di sekolah, yaitu
ekstra kurikuler untuk membangun karakter.
Kita juga bisa membangun manajemen
sesuai dengan yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin menabung tapi belum tau
pengeluarannya berapa dalam setiap bulan. Berarti kita harus mengatur manajemen
keuangan kita sendiri agar bisa menyesuaikan antara pengeluaran dan pemasukan
kita. Dengan ini, kita bisa mengetahui berapa yang kita akan tabungkan dan
berapa yang akan terpakai. Kita juga bisa memenuhi kebutuhan kita walaupun
harus menyisihkan uang untuk ditabung.
Maka dari itu, manajemen bisa membangun
dan mengubah hidup kita menjadi lebih baik lagi. Manajemen merupakan hal yang
sangat berguna untuk hidup kita agar bisa membagi waktu kita dengan baik.
Selain itu, kita bisa mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita sendiri
untuk lebih teratur dan tertata lagi dalam melakukan suatu hal. Dengan adanya
manajemen, kita bisa mengerjakan sesuatu dengan baik, tidak ada lagi yang
namanya terbenani oleh pekerjaan atau tugas kita sendiri. Semua berjalan dengan
baik tanpa ada rasa terburu-buru dan kita bisa menyelesaikan secara tepat waktu.