Kabarpendidikan.id Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA mengadakan Workshop dengan tema "Kebaharuan Penelitian dalam Studi PAUD: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif" yang diselenggarakan di kampus Uhamka (048).
Kegiatan ini bertujuan untuk mempertajam pemahaman
berbagai peluang penelitian yang menarik di bidang PAUD, seperti pengembangan
kurikulum berbasis kompetensi, integrasi teknologi dalam pembelajaran, strategi
pembelajaran bermain yang efektif, konsep gender serta pembinaan karakter pada
anak usia dini serta meningkatkan pentingnya melakukan penelitian-penelitian
terbaru dan inovatif dalam bidang PAUD guna menghadapi tantangan dan
perkembangan zaman yang terus berubah.
Narasumber pada workshop ini menhadirkan Dr.
Riyan Arthur, M. Pd dari Universitas Negeri Jakarta, ia merupakan pakar dibidang
evaluasi pendidikan dengan sejumlah publikasi baik nasional dan internasional
yang sudah banyak mewarnai penelitian di dunia akademik.
Workshop
ini sangat relevan bagi para mahasiswa, dosen, peneliti, dan praktisi di bidang
Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan pemahaman tentang metodologi
penelitian dan penerapannya dalam studi PAUD.
Kegiatan
ini berlangsung selama satu hari penuh dan mencakup beragam sesi, seperti
presentasi oleh narasumber, diskusi serta sesi tanya jawab interaktif. Peserta
juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dan berjejaring dengan ahli
metodologi penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini.
Amelia
Vinayastri, S. Psi, M.Pd. selaku Kaprodi PG PAUD dalam sambutannya menyatakan
bahwa, “workshop penelitian ini diadakan dalam rangka mendukung pengembangan
riset dan penelitian berkualitas terutama pada kebaharuan, novelty dan state
of the art pada bidang PAUD. Program studi PG PAUD FKIP UHAMKA senantiasa
memberikan ruang yang luas untuk pengembangan riset khususnya dosen dan
mahasiswa sebagai basis gerakan akademis,” tuturnya.
Selanjutnya
Amelia menambahkan, “workshop ini ingin menjawab
perkembangan zaman dan teknologi dalam menyadarkan kebermanfaatan hasil penelitian
PAUD bagi berbagai elemen, seperti meningkatkan kualitas masyarakat, mendukung
pengambilan kebijakan pendidikan yang lebih efektif dan memberikan panduan bagi
orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak di rumah, mendorong kolaborasi
dan transfer pengetahuan yang bermanfaat dalam mengembangkan ilmu PAUD,”
tutupnya.