Oleh : Muhammad Hafizh Ramdhani
Mahasiswa FEB UHAMKA
Dalam berbisnis, pasar adalah sektor yang paling penting dimana sebuah perusahaan atau pebisnis individu melakukan jual beli barang dan jasa kepada target pasar yang sudah ditentukan. Disinilah biasanya perusahaan satu akan menawarkan produknya ke perusahaan lain yang menjadikan barang tersebut sebagai bahan baku atau aset bisnis dalam melakukan produksi dan selanjutnya dipasarkan.
Kenapa riset pasar penting dalam berbisnis ?. Riset pasar itu adalah proses menganalisis kelayakan pemasaran suatu produk atau layanan baru, kegiatan riset ini dilakukan dengan cara sistematis, mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi hingga menjadi laporan hasil analisis pemasaran. Dalam melakukan riset pasar, kita harus memperhatikan ruang lingkupnya. Ruang lingkupnya terdiri dari harga jual, produk, alat pemasaran, distribusi, konsumen.
Riset pasar memiliki fungsi dan tujuannya. Tujuan dari riset pasar adalah guna memahami kondisi pemasaran pada produk atau layanan terkait serta melihat peluang di lapangan. Sedangkan untuk fungsi riset pasar, memiliki beberapa fungsi yaitu evaluating, understanding, predicting, dan controlling.
Alasan riset pasar penting untuk dilakukan karena hasilnya dapat membantu perusahaan untuk menentukan strategi apa yang akan dilakukan dalam pemasaran produk yang akan dijual. Dan apabila dilakukan dengan baik, maka hasilnya akan memberi dampak yang positif, terutama untuk pertumbuhan usaha dan profit bisnis yang dimiliki.