KabarPendidikan.id - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menyelenggarakan pelatihan “Excellent Service bagi Pustakawan: Layanan Prima menuju Profesionalitas Pustakawan” secara luring di Kampus E Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Uhamka, Sabtu (14/01).
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh 24 Pustakawan dari berbagai
fakultas di lingkungan Uhamka, empat peserta tamu dari Institut Teknologi Dan
Bisnis Ahmad Dahlan (ITB Ahmad Dahlan) Jakarta dan Universitas Muhammadiyah
Jakarta (UMJ). Sedangkan Dickdick Sodikin Natamihardja hadir sebagai instruktur
pelatihan.
Prof. Gunawan Suryoputro selaku Rektor Uhamka memberikan kata
sambutan sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini melalui Zoom Meeting. Ia
menekankan pentingnya pelayanan yang baik kepada pemustaka di lingkungan Uhamka
sehingga pustakawan Uhamka dapat menjadi pustakawan yang profesional.
“Pustakawan merupakan profesi, dimana seorang profesional itu
mengedepankan tanggung jawabnya, Ketika kita mengalami apapun, gangguan apapun,
kondisi apapun tetap harus melayani dengan baik itulah seorang Profesional, nah
itu harapan saya” tutur Prof Gunawan.
Selain memberikan kata sambutan, beliau sekaligus membuka kegiatan
pelatihan untuk Pustakawan Uhamka ini. Sebagai instruktur, Bapak Dickdick
Sodikin, selain mampu membangun suasana pelatihan yang menyenangkan dan
interaktif, juga mampu menyampaikan banyak materi pembelajaran mengenai
pelayanan kepada para peserta.
Pada sesi pertama, Dickidck Sodikin membahas mengenai memahami quality
service dan service culture, keterampilan kunci untuk customer
service yang berkualitas, mengelola customer dengan tipe perilaku
yang berbeda-beda, serta pemaparan mengenai langkah-langkah untuk pemulihan service
breakdown.
Sedangkan, pada sesi kedua, ia membahas mengenai orientasi
pelayanan, disampaikan pemahaman mengenai apa tujuan pelayanan, siapa yang
dilayani, komponen dari tujuan pelayanan, perilaku pelayanan dan studi kasus.
Di akhir acara, Dickdick menyampaikan harapannya agar perpustakaan
Uhamka mampu memberikan pelayanan yang bermutu dan secara konsisten dapat
meningkatkan hal itu. Sehingga pelayanan perpustakaan dapat sesuai dengan
ekspektasi pelanggan.
“Harapannya adalah Perpustakaan Uhamka bukan hanya sekedar menjadi
tempat mencari buku, namun mampu memberikan Pelayanan yang konsisten, memenuhi
dan bahkan melampaui harapan pelanggan.” ujar bapak Dickdick Sodikin.