KabarPendidikan.id - Margaretha Ari Widowati selaku Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation mengatakan bahwa kini pendidikan di Indonesia telah menunjukkan kemajuan.
"Namun,
masih ada hal yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitasnya. Dalam hal
ini, hasil analisis Rapor Pendidikan 2021 di 591 sekolah dan madrasah mitra
Tanoto Foundation di 25 kabupaten/kota dan lima provinsi menghasilkan beberapa
temuan menarik," ujar Ari di Jakarta, Senin.
Dalam hal ini,
ia menjelaskan temuan itu di antaranya yakni hal yang paling mempengaruhi
kemampuan literasi dan numerasi siswa adalah kualitas pengajaran dan pembelajaran, terutama dukungan afektif dan
aktivasi kemampuan kognitif.
"Literasi
juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah dan keterlibatan orang tua
sedangkan di tingkat SMP/Madrasah, literasi
dan pembentukan karakter berkaitan erat dengan kemampuan guru untuk melakukan
refleksi pembelajaran,” tuturnya.
Maka dari itu,
hal tersebut yang mendorong Tanoto Foundation bersama Synergy Policies
melakukan identifikasi tantangan, praktik baik dan inovasi untuk meningkatkan
sebaran pendidikan berkualitas di Indonesia.
ADP/SAN