KabarPendidikan.id - Prof Ahmad Suriansyah selaku pakar pendidikan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengatakan bahwa untuk edukasi mitigasi bencana di intrakurikuler atau proses belajar mengajar di kelas sudah seharusnya disisipkan guna memberikan bekal pemahaman kepada para peserta didik agar tahu bagaimana harus bertindak ketika sedang terjadi bencana.
"Peristiwa
robohnya tembok pembatas bangunan di MTsN 19 Pondok Labu, Jakarta Selatan,
akibat terjadinya banjir hingga menewaskan tiga siswa harus dijadikan pelajaran
pahit. Oleh karena itu, pentingnya diadakan edukasimitigasi bencana di lingkungan sekolah terutama peserta didik," ujarnya.
Kekeliruan
paling mendasar para korban di MTsN 19 yaitu justru sedang asik bermain-main di
halaman sekolah ketika bencana banjir terjadi padahal dengan kondisi banjir di
saat hujan yang tak kunjung berhenti itu seharusnya tidak diperbolehkan bermain
di luar kelas.
"Maka dari
itu, peran guru sangat penting dalam pengawasan penanggulangan bencana banjir
ini namun sepertinya guru juga belum banyak yang paham edukasi mitigasi bencana
seperti apa yang harus dilakukan pada saat banjir menerjang sekolah," tutur
Direktur Pascasarjana ULM itu.
Maka dari itu,
ia berharap pihak sekolah bisa bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana
Daerah (BPBD) setempat dalam upaya penguatan edukasi mitigasi terkait
kebencanaan di lingkungan sekolah.
Selain intrakurikuler, program edukasi mitigasi baik
berupa teori maupun simulasi di lapangan juga bisa diberikan pada saat kegiatan
ekstrakurikuler dengan dilakukan secara berkelanjutan.
"Jadi, prinsipnya
edukasi mitigasi bencana harus terprogram betul, jangan sampai dilakukan hanya ketika
masa pengenalan peserta didik baru atau bahkan tidak pernah sama sekali," tambahnya.
Insiden tembok
roboh di MTsN 19 Pondok Labu akibat diterjang banjir pada Kamis (6/10) tersebut
telah menewaskan tiga siswa serta melukai satu siswa yang sedang asik bermain
di halaman sekolah.
ADP/SAN