Oleh : Aditya Yunaardi
Mahasiswa FEB Uhamka
Perangkat lunak
modern memberi kesempatan kepada akuntan dan tim keuangan untuk berkembang
juga. Alih-alih harus bersusah payah melalui tugas-tugas membosankan yang tak
ada habisnya, anda bisa dengan cepat mendapatkan data terkini dan paling
akurat, membebaskan anda untuk fokus pada tugas-tugas tingkat yang lebih tinggi
dan menjadi mitra bisnis yang berdampak dan tepercaya yang dibutuhkan
perusahaan anda. Lalu apa itu akuntansi otomatis? Perangkat lunak akuntansi otomatis
(terkadang disebut terkomputerisasi) melakukan pekerjaan akuntansi manual untuk
anda, seringkali secara instan. Ini menghitung angka, melacak transaksi, dan
sepenuhnya menghilangkan kebutuhan akan file buku besar yang kompleks dan entri
data tanpa akhir. Dengan formula kunci bawaan, hanya perlu beberapa klik untuk
membuat laporan.
Idenya
adalah untuk menyederhanakan proses yang kompleks dan membuat akuntansi lebih
efisien, meninggalkan akuntan dengan lebih banyak waktu untuk interaksi
manusia, analisis dan strategi. Meskipun tidak mungkin membuat Excel punah,
otomatisasi akuntansi dapat melakukan pekerjaan entri data, menyalin data di
seluruh lembar, dan menemukan perbedaan dan kesenjangan dalam data. Contoh beberapa aplikasi akuntansi otomatis seperti myob, accurate
, zahir dsb. Aplikasi tersebut akan mempermudah seluruh pihak yang membutuhkan
laporan keungan suatu perusahaan / institut.
Keunggulan akuntansi otomatis
diantaranya adalah menghemat waktu, meningkatkan
produktivitas, meminimalisir kesalahan ( human erorr ) , membuat pencarian data
menjadi lebih cepat dan membuat data anda tetap aman.