Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Uhamka melakukan pengabdian masyarakat (Pengmas) dengan mengadakan Pelatihan Menulis Paragraph Deskriptif kepada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Cileungsi secara aring dengan menggunakan platform Zoom, dan Whatsapp Group selama dua kali pertemuan yang memakan waktu tiga jam setiap pertemuan.
Pelatihan menulis ini meliputi tiga tahapan. Tahap pertama adalah perencanaan yang meliputi perencanaan administrasi proses belajar mengajar. Tahapan kedua adalah memberikan pelatihan menulis dengan menggunakan dua strategi pencarian gagasan (generating ideas),yaitu klaster (clustering) dan daftar pertanyaan yang menggunakan WH-Q (a list of questions).
Menulis dalam bahasa Inggris tidaklah mudah karena dibutuhkan suatu proses, latihan, teknik atau strategi yang tepat dalam mengembangkan gagasan siswa. Hal lainnya yang menjadi kendala adalah, kurangnya minat membaca siswa yang berdampak pada sulitnya menggunakan kata-kata yang tepat, dan juga mengembangkan ide pada saat menulis.
Strategi penulisan yang tepat dapat memotivasi siswa untuk menulis karena banyak siswa yang berpikir jika menulis adalah aktifitas yang membosankan dan sulit. Hal positif lainya adalah meningkatkan kesadaran siswa jika menulis bisa menyenangkan jika mengetahui teknik mendapatkan ide atau gagasan dalam menulis.