Oleh : Delya Puspita Sari
Mahasiswa
FEB Uhamka
Perkembangan
teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat , ditandai dengan kemajuan
media komunikasi massa
yaitu media sosial. Media sosial adalah media di
internet yang memungkinkan pengguna
mempresentasikan dirinya maupun berinteraksi,
bekerjasama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lainnya, dan membentuk ikatan sosial secara virtual.
Media sosial juga salah satu sumber referensi berbagai informasi mulai dari trend gaya hidup, gaya
busana, bisnis dan ekonomi, serta beragam info
lainnya untuk mengetahui
perkembangan terkini. Salah satu penggunaan media
sosial yaitu untuk mencari referensi trend saat ini, yang paling diminati yaitu
trend fashion baik busana yang lagi
trend maupun busana muslim. Berkembangnya gaya busana tidak terlepas dari peran
Fashion Influencer yang saat ini
semakin banyak di media sosial.
Dan
juga salah satu faktor trend fashion baik busana muslim maupun tidak yakni,
munculnya beragam akun penjualan yang biasa disebut online
shop dan e-commerce. Selain itu,
dengan banyaknya para selebriti dan public figure
yang beralih untuk mengenakan busana yang membuat penggemar atau khalayak umum senantiasa
tertarik untuk mengikutinya.
Kemudian standar hidup seseorang dapat dengan mudah
menjadi lebih konsumtif. Apalagi, sosial media juga menawarkan kemudahan dengan
menjamurnya online shop dan e-commerce. Jika sudah begini,
memang kita sendiri yang harus pintar untuk menyiasati agar pengaruh media
sosial menjadi sesuatu yang produktif dan bukannya malah merugikan diri
sendiri.