Oleh : Langgeng Mulyanda
Mahasiswa FEB Uhamka
Secara umum manajemen pemasaran adalah kegiatan perencanaan, tindakan, pengawasan dan evaluasi yang berhubungan dengan proses memperkenalkan produk/jasa kepada khalayak luas atau konsumen.
Jika Anda memiliki sebuah bisnis, misal bisnis meubel produsen harus memulai tugasnya dengan focus kepada konsumen, dan Anda harus mempelajari konsumen dan memahami kebutuhan, dan keinginannya.
Perusahaan yang berbisnis meubel harus merancang produk baru atau meningkatkan yang sudah ada dengan mutu dan kualitas mengingat kebutuhan, keinginan, dll. dari konsumen produk harus memuaskan konsumen.
Dalam peranan pemasaran saat ini tidak hanya menyampaikan produk atau jasa hingga ke tangan konsumen, tetapi juga bagaimana produk atau jasa tersebut dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan secara berkelanjutan, sehingga keuntungan perusahaan dapat diperoleh dengan terjadinya pembelian yang berulang.