(Chintia Alvina / Mahasiswa Ekonomi Islam FEB UHAMKA)
Kabarpendidikan.id Sering kali sebagai seseorang menunda mengerjakan berbagai macam tugas.
Mereka berpikir bahwa tugas itu masih lama pengumpulannya karena itu mereka
menunda mengerjakan tugas tersebut dan memilih melakukan hal yang tidak
penting. Walaupun tugas tersebut masih lama deadline-nya,
bukan berarti kita bisa menyepelekan begitu saja. Seiring berjalannya waktu,
tugas akan terus bertambah dan menumpuk jika tidak dikerjakan sesegera mungkin.
Hal itu bisa membuat stress, kurang tidur, kualitas menjadi menurun, kurang
efisien, melewati batas waktu yang ditentukan, dan ketidakseimbangan kehidupan.
Untuk menghindari
ketidakseimbangan dalam kehidupan, kita dapat menggunakan manajemen waktu. Apa
itu manajemen waktu ? Apa yang kita dapatkan jika kita menerapkan manajemen
waktu dalam kehidupan? mari simak penjelasan berikut ini.
Time management atau manajemen waktu adalah proses dalam mengatur dan
merencanakan bagaimana membagi waktu kita diantara aktivitas-aktivitas
tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan kita untuk bekerja lebih
cerdas bukan lebih keras sehingga kita dapat menyelesaikan lebih banyak
pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat, bahkan ketika waktu terbatas dan
dalam tekanan. Jika gagal mengatur waktu akan merusak keefektifan waktu dan
menyebabkan stress. Dalam sehari ada 24 jam, terasa waktu tersebut tidak cukup
untuk menyelesaikan segala urusan kita. Jika kita semua sama memiliki waktu 24
jam, maka mengapa beberapa orang bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan
daripada yang lain? Itu karena ia
memiliki manajemen waktu yang efektif dan baik.
Manajemen waktu yang
efektif adalah penggunaan waktu secara efektif sehingga kita bisa merencanakan
hari agar kita bisa menyelesaikan tugas dengan usaha lebih sedikit dan
memanfaatkan waktu yang terbatas secara maksimal. Kita bisa menggunakan teknik
manajemen waktu untuk mencapai manajemen waktu yang efektif.
Teknik manajemen waktu
adalah sekumpulan aturan dan prinsip yang harus diikuti agar bisa lebih
produktif dan efisien waktu, membuat keputusan lebih baik dan cepat, dan
menyelesaikan banyak tugas dengan waktu dan usaha yang lebih sedikit. Ada banyak teknik manajemen waktu berdasarkan
praktek terbaik manajemen waktu yang bisa kita lakukan yaitu:
§ Menulis apa yang harus kita lakukan
§ Mengerjakan yang penting terlebih
dahulu
§ Menyisihkan waktu untuk tugas yang
diprioritaskan, tugas rutin, dan waktu istirahat
§ Manajemen stress yang tepat
§ Manajemen tim yang tepat
§ Mengamati progress projek dan
mengindentifikasi yang stuck
Disamping itu, kita juga harus
mempertimbangkan skill manajemen waktu pribadi.
Mengetahui cara
memanajemen waktu dengan tepat sangat penting karena memiliki keuntungan yang
besar untuk rutinitas kerja dan kehidupan secara keseluruhan seperti:
§ Membantu mencapai apa yang kita inginkan dan lebih cepat
Ketika memahami pentingnya manajemen
waktu, kita mendapatkan motivasi untuk segera berhenti melakukan hal yang tidak
bermanfaat dan segera menyelesaikan tugas dan tujuan kita. Dengan begitu, kita
dapat segera menyelesaikan tugas kita lebih cepat.
§ Membantu menyelesaikan tugas lebih banyak, tetapi dalam waktu yang lebih
sedikit
Ketika mengatur waktu dengan tepat,
kita bisa menyelesaikan tugas lebih banyak dan juga mendapat waktu untuk
melakukan aktivitas yang kita suka. Mengalokasikan periode waktu secara
spesifik untuk mengerjakan tugas dan berkomitmen untuk menyelesaikan rencana
tersebut akan memiliki efek yang lebih baik daripada mengerjakan tugas tanpa
waktu yang dialokasikan.
§ Dapat membantu memaksimalkan penggunaan waktu
Memanajemen waktu termasuk membuat to-do list, mengalokasi waktu untuk setiap item di to-do list, dan menjadwalkannya di kalender. Dengan melakukan hal
tersebut, kita tidak akan bingung hal apa yang harus dilakukan selanjutnya.
§ Dapat mengerjakan lebih banyak tugas dengan waktu lebih sedikit dan pada
akhirnya merasa lebih puas
Ketika kita mengatur waktu dengan
benar, kita akan menikmati perasaan sukses karena telah menghabiskan item to-do list.
§ Membuat kita merasa lebih tenang
Ketika kita memanajemen waktu dengan benar, kita tidak akan mencemaskan
deadline yang lupa atau melupakan suatu urusan karena kita telah
merencanakannya sehingga hal tersebut tidak akan terjadi.
“Time = life; therefore, waste your time and waste of your life, or
master your time and master your life.” (Alan Lakein), dalam bahasa
Indonesia dapat diartikan “Waktu sama dengan hidup; jadi, sia-siakan waktumu
dan kamu akan sia-siakan hidupmu, atau kuasai waktumu dan kamu akan kuasai
hidupmu”. Dalam quotes tersebut, kita mempunyai dua pilihan yaitu jika kita
sia-siakan waktu, maka kita juga akan menyia-nyiakan hidup kita dan jika kita
menguasai waktu yang kita punya, maka kita bisa menguasai hidup kita untuk
lebih baik. Menguasai waktu salah satunya dengan cara memanajemen waktu dengan
tepat. Memanajemen waktu membuat kegiatan yang ingin dilakukan menjadi teratur,
terarah, dan terjadwal sehingga kita bisa segera menyelesaikan tugas lainnya.
Jika kita belum bisa memanajemen waktu dengan baik maka waktu yang kita miliki
terbuang sia-sia begitu saja yang membuat hidup menjadi tidak terarah dan tidak
produktif.
Pentingnya manajemen
waktu sangat bermanfaat dan berpengaruh dalam hidup kita. Mulailah dari
sekarang memanajemen waktumu dan jangan sampai waktumu yang berharga terbuang
sia-sia begitu saja. Biasakan membuat jadwal dan rencana setiap hari, minggu,
atau bulan yang ingin dilakukan dan dicapai. Setelah terbiasa kita akan
merasakan antara sebelum dan sesudah memanajemen waktu kita karena terorganisir
dan terencana kegiatan yang akan diakukan. Dengan begitu, kita akan terbiasa
menggunakan manajemen waktu.
Pada akhirnya, sekali
kita belajar bagaimana cara manajemen waktu, kita juga belajar bagaimana
menyelesaikan lebih banyak tugas terutama yang paling penting dengan waktu
lebih sedikit dan fokus lebih. Manajemen waktu dapat mengubah gaya hidup kita
lebih baik. Kita harus berhenti membuang-buang waktu dan menggunakan waktu
dengan bijak. Jangan sampai menyesal dikemudian hari, terus semangat, dan
jangan pernah menunda-nunda tugasmu lagi karena waktumu begitu berharga.