Kabarpendidikan.id Pandemi Covid-19 muncul pada awal tahun 2020 yang lalu masih sangat meresahkan hingga awal tahun 2021 ini. Virus ini tidak asing lagi terdengar oleh semua orang diDunia. Bahkan, hampir seluruh pelosok dunia merasakan kekhawatiran dengan kedatangan virus mematikan ini. Kehadiran Pandemi Covid-19 menghalangi segala aktifitas dan mengubah cara masyarakat di Indonesia bahkan di Dunia melakukan segala aktivitas normal sehari-harinya. Seperti aktivitas belajar mengajar yang biasa dilakukan dengan bertatap muka secara langsung dikelas.
Pendidikan sangatlah penting bagi semua kalangan
khususnya pelajar-pelajar seperti kita. Maka dari itu, para pelajar sangat
membutuhkan ilmu dari guru atau dosen mereka. Termasuk saya yang masih sangat
membutuhkan ilmu-ilmu tersebut. Oleh karena itu, pemerintah membuat suatu kebijakan
dengan memanfaatkan
alat-alat
teknologi informasi dan komunikasi seperti instagram, zoom meeting, google meet, google
classroom, WhatsApp Group, dan Online Learning. Alat-alat tersebut disambungkan
melalalui jaringan internet sehingga bisa digunakan untuk kegiatan belajar
mengajar yang dilakukan secara online. Sehingga, pembelajaran pun tetap bisa terlaksana
walau pandemi seperti ini.
Pembelajaran online seperti yang sedang
kita jalankan saat ini memiliki dampak positif dan negatif tentunya. Dampak
positif pembelajaran Online misalnya, pembelajaran bisa dilakukan dimana saja
dan kapan saja karena melalui media
online. Selain itu, waktu dalam belajar Online juga sangat singkat. Disamping
itu, dampak negatif yang ditimbulkan dari belajar Online misalnya, terjadi
kebosanan dalam diri sehingga menyebabkan kurangnya motivasi belajar dalam
belajar online ini. Sama-sama kita tahu
bahwa motivasi belajar sangat penting dan sangat dibutuhkan agar pelajar
tersebut terdorong dan semangat untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Terdapat beberapa cara untuk meningkatkan
motivasi belajar ditengah pandemi Covid-19 ini. Cara yang pertama guru membuat
materi pembelajaran menjadi lebih menarik seperti membuat materi di Power Point
yang diberi gambar bergerak, bisa juga membuat animasi vidio sehingga para
pelajar menjadi senang dan bersemangat. Sehingga, motivasi belajar menjadi
meningkat. Evaluasi
pada pembelajaran online juga penting, dengan evaluasi maka dapat diketahui apakah pembelajaran
dapat berjalan efektif atau tidak.
Dari data hasil wawancara saya dengan
beberapa teman mahasiswa di Universitas lain, tentang bagaimana pembelajaran
online dimasa pandemi ini? kebanyakan dari mereka menganggap pembelajaran dimasa
pandemi ini kurang efektif, gangguan hambatan internet dan lingkungan rumah
yang tidak kondusif. Pertanyaan lain
tentang Bagaimana cara mereka memotivasi diri sendiri untuk mengatasi kebosanan
dimasa pandemi? Cara mereka memotivasi belajar dimasa pandemi seperti ini
bermacam-macam misalnya dengan mempersiapkan mental untuk menumbuhkan mood
kembali. Lalu, menerapkan pola tidur yang teratur agar tidak menimbulkan rasa
malas ketika belajar. Dan menghindari handphone ketika belajar.
Menurut pendapat saya menjadi pelajar
atau mahasiswa ditahun ini sangatlah
tidak mudah. Disamping kita harus beradaptasi dengan pembaruan kegiatan
belajar mengajar, kita juga harus bisa
memahami materi dan mengerjakan tugas sendiri. Tetapi, bukan berarti motivasi belajar
kita terpatahkan karena perubahan gaya belajar. Harapan saya semoga motivasi
belajar kita dapat bertambah walaupun dimasa Pandemi seperti ini, dan kita
seharusnya bisa semakin kreatif dalam menuangkan sesuatu seperti membuat
vidio-vidio pembelajaran atau membuat Power Point yang mengasah kreatifitas
kita. Sehingga motivasi kita dalam belajar semakin meningkat.
(Dewi Winner Fadlika PGSD FKIP UHAMKA)