Kabarpendidikan.id Pandemi Covid-19 memberikan banyak pengalaman berharga dalam setiap bagian kehidupan dan tidak boleh dianggap sepele. Adapun pandemi tersebut memunculkan kerentanan-kerentanan dalam pendidikan yang berpontensi akan memutarbalikkan kemajuan yang telah dicapai. Saat ini belajar dari rumah telah menjadi bagian dari “new normal” warga Indonesia dalam menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19. Sebagian besar para siswa juga “merubah” kegiatan belajar di rumah, secara online. Ini semua sejalan dengan upaya pemerintah dalam mengurangi dampak penyebaran virus corona tersebut. Namun kendala dari prasarana dan teknologi membuat adanya kesenjangan pendidikan antar daerah. Pemerintah pun harus lebih konsisten menegakkan kebijakan yang mendukung siswa agar tetap mendapatkan hak pendidikan, tetapi juga kesehatan dan keselamatan dalam pembelajaran jarak jauh saat ini.
Saat ini kasus
Covid-19 yang semakin meningkat membuat sekolah di sebagian besar daerah
mengurungkan niat untuk dibuka kembali. Pembelajaran jarak jauh pun
diperpanjang dan memberi tantangan bagi para orang tua untuk mendampinginya
kembali serta menjaga dan memberi semangat kepada anaknya agar mereka tetap
belajar meski dirumah. Belajar dari rumah melalui pembelajaran jarak jauh (Daring)
dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa,
tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh pencapaian kurikulum untuk
kenaikan kelas maupun kelulusan.
Siswa diwajibkan
berinteraksi secara online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ atau Daring).
Pembelajaran daring bertujuan agar siswa bisa melakukan belajar dirumah saja
untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Adapun penggunaan pembelajaran
daring, yaitu penggunaan internet untuk mengakses materi, untuk berinteraksi
dengan materi, instruktur dan pembelajar lain, untuk mendapatkan dukungan
selama proses pembelajaran dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan,
menciptakan pemahaman dan untuk berkembang dari pengalaman belajar. (Ally,
2004). Pembelajaran daring dapat diartikan sebagai sebuah interaksi antara
pengajar dan pembelajar yang dibangun dalam jaringan melalui komputer atau alat
elektronik lain.
Selama masa
pembelajaran dari rumah, Siswa tidak mesti selalu dibebani dengan kegiatan
ekstrakurikuler, anak bisa diberikan kebebasan untuk belajar. Siswa semestinya
diberikan kebebasan untuk memilih objek belajar yang menjadi minatnya sehingga
konsep bebas belajar tercermin dalam kegiatan anak. Kebebasan siswa untuk
mengembangkan minatnya akan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
(joyfull learning). Sebagaimana yang diungkapkan, Wei.(2011) “Joyful
learning as akind of learning process or experience which could make learners
feel pleasure in a learning scenario/process”. Hal ini berarti pembelajaran
menyenangkan merupakan suatu proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang
membuat siswa merasakan semangat dalam skenario belajar atau proses
pembelajaran.
Adapun
keuntungan penggunaan media pembelajaran online seperti; Pembelajaran bersifat mandiri
dan interaktivitas yang tinggi, mampu meningkatkan tingkat ingatan, memberikan
lebih banyak pengalaman belajar, dengan teks, audio, video dan animasi yang
semuanya digunakan untuk menyampaikan informasi, dan juga memberikan kemudahan
menyampaikan, meng-update isi, mengunduh, para siswa juga bisa mengirim email
kepada siswa lain, mengirim komentar pada forum diskusi, memakai ruang chat,
hingga link video conference untuk berkomunikasi langsung.
Memang
pembelajaran jarak jauh tidak efektif dan tidak maksimal, terlebih lagi, pembelajaran
jarak jauh tersebut dilakukan tanpa adanya persiapan yang sangat matang.
Kendala pembelajaran secara daring memang dinilai masih banyak. Penyampaian
materi tanpa tatap muka secara langsung dianggap masih kurang optimal dan siswa
sulit memahami maksud dari penjelasan materi yang disampaikan. Selain
penjelasan materi, adapun faktor penilaian siswa yang juga menjadi kendala
tersendiri. Siswa masih susah untuk dapat mengumpulkan tugas yang sudah diminta
guru untuk sesuai waktunya.
(Syifa Nuraini Rhamadhani/Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka)