Kabarpendidikan.id Citibank Indonesia atau Citi Indonesia melalui program Citi Peka (Peduli dan Berkarya mengumumkan penyerahan dana hibah senilai Rp 9 Miliar dari Citi Foundation. Dana ini diserahkan kepada tiga mitra terpilih, yaitu, UNESCO, Prestasi Junior Indonesia (PJI) dan Indonesia Business Links (IBL).
Penyerahan dana langsung disaksikan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Tirta Segara.
CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, dana itu dialokasikan untuk sejumlah program yang berfokus pada edukasi dan literasi keuangan, serta pengembangan kewirausahaan bagi generasi muda. "Ini merupakan salah satu pilar utama kami untuk mengatasi pengangguran generasi muda. Kami harap dana hibah bisa membantu mengatasi permasalahan sosial dan ekonomi tanah air, khususnya generasi muda," kata Batara lewat konferensi pers secara online, Kamis (10/12/2020).
Ia mengaku, Citi Indonesia menggandeng UNESCO guna memberikan program pada generasi muda yang bergerak dan berwirausaha di industri kreatif di situs destinasi wisata Indonesia, seperti Danau Toba, Yogyakarta, Candi Borobudur dan Candi Prambanan, Kota Tua Jakarta, serta Bali.
Melalui program ini, para penerima manfaat di wilayah tersebut akan diberikan pelatihan keterampilan kerja, kreativitas dan desain, persiapan kewirausahan, akses terhadap literasi dan inklusi keuangan, serta strategi marketing di dunia digital.
"Selama dua tahun penyelenggarannya, program ini memberikan manfaat positif kepada lebih dari 850 generasi muda di wilayah Danau Toba (Toba Samosir, Samosir, Simalungun, Humbang Hasundutan dan Tapanuli Utara), Yogyakarta, Candi Prambanan dan Candi Borobudur, serta Kotatua-Jakarta," kata dia.
Ia melanjutkan, bersama dengan Prestasi Junior Indonesia, Citi Indonesia menjalankan program Youth Entrepreneurship Digital Approach Initiative. Selama lima tahun terakhir penyelenggaraannya program ini mampu memberikan edukasi dan dampak positif dalam hal kewirausahaan kepada lebih dari 35.000 pelajar SMA dan SMK di enam kota di Indonesia.
Kota-kota yang dimaksud adalah Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Denpasar. Melalui rangkaian aktivitas pembinaan, yaitu Youth Entrepreneur Camp, Indonesia Student Company Competition, Job Shadowing, dan Sociopreneur Talks, para pelajar mendapatkan bimbingan untuk mendirikan serta mengoperasikan sebuah perusahaan siswa (Student Company-SC).
Dalam mendukung perluasan kesempatan ekonomi bagi generasi muda di wilayah Bekasi, Cikarang, Karawang dan Kabupaten Bandung, Citi Indonesia menggandeng Indonesia Business Links guna menjalankan program Skilled Youth. Program ini bertujuan untuk memberdayakan potensi ekonomi para generasi muda berusia 16-25 tahun termasuk siswa SMK melalui edukasi dan literasi finansial, penguatan karakter dan perilaku, pelatihan keterampilan teknis dan kewirausahaan, serta pendampingan pencarian kerja dan mentoring usaha.
"Program ini berhasil memberikan manfaat dan dampak positif terhadap lebih dari 1.300 generasi muda di kawasan industri. Program ini merupakan bagian dari komitmen global 'Pathways to Progress' yang diinisiasi oleh Citi Foundation dan bertujuan memberikan dampak positif kepada 500.000 anak muda di seluruh dunia termasuk di Indonesia hingga tahun 2020," kata dia. (FHA)